Jumbara PMR III Kalsel, Pj Bupati Tabalong: Cikal Bakal Lahir Relawan Andal

0

PENJABAT Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah menghadiri pembukaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja III 2024 Kalimantan Selatan, Selasa (17/9/2024).

JUMBARA yang digelar di Ponpes Al-Islam Kambitin, Kecamatan Tanjung, Tabalong ini, secara resmi dibuka Gubernur Kalsel yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Adi Santoso.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Sahbirin Noor, yang dibacakan Adi Santoso, mengungkapkan apresiasi kepada PMI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini sebagai andil PMI untuk turut membentuk karakter remaja kita, pelajar kita, terutama dalam menanamkan jiwa sosial yang tinggi karena kalian adalah para relawan kemanusiaan,” ungkap Adi.

BACA: PMI Tabalong Bagikan Ratusan Masker

Sementara itu, Penjabat Bupati Hj Hamida Munawarah mengatakan, kegiatan Jumbara PMR sebagai wadah bagi anggota PMR dan PMI untuk belajar, berlatih hingga bersosialisasi guna meningkatkan kapasitas diri.

Bahkan para peserta dibekali dan dilatih dengan berbagai macam ilmu serta pengetahuan tentang karakter kepalangmerahan.

“Ini nantinya menjadi cikal bakal lahirnya relawan handal dan menjadi aset bagi daerahnya masing-masing,” sebut Hj Hamida Munawarah.

Hamida pun berharap, momentum Jumbara tersebut bisa mempererat tali silaturahmi dan menggugah semangat persaudaraan sehingga terwujud insan PMR dan PMI yang cerdas, kreatif dan bersahabat.

“Semoga kegiatan ini bisa terus rutin dilaksanakan diikuti dengan semakin meningkatnya kualitas dari PMR dan PMI di daerah kita masing-masing,” harapnya.

BACA JUGA: Kirim 10 Relawan ke Sulteng, PMI Tabalong Sertakan Dokter Spesialis

Jumbara PMR III Kalsel ini, Tabalong menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan yang berlangsung mulai 16 sampai 19 September 2024.

Kegiatan pembukaan diawali dengan defile para peserta kontingen 13 kabupaten/kota se-Kalsel, dan diakhiri penanaman pohon.

Ketua PMI Kalsel, H Gusti Iskandar Sukma Alamsyah menambakan, kegiatan ini juga sekaligus memperingati hari PMI ke-79.

Seiring dengan usianya yang hanya berbeda satu bulan dengan hari Kemerdekaan RI, diharapkan mampu meningkatkan eksistensinya di masa akan datang.

“Giat Jumbara ini kita ingin menyelaraskan, mengkolaborasikan semua insan PMI di Kalsel. Kami yakin di Kalsel ini punya potensi-potensi para remaja yang bergabung dalam Palang Merah,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.