Momen Harjad Kalsel Ke-74 , Gubernur Sahbirin Noor Terima Penghargaan Dari Kementerian PDTT

0

PERINGATAN Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalsel ke-74 berlangsung meriah, dengan berbagai rangkaian acara yang digelar di bekas Kantor Gubernur Kalsel atau Siring 0 Kilometer Banjarmasin, pada Rabu (14/8/2024).

ACARA yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dan juga Ketua TP PKK Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah ini, mengusung tema ‘Niat Diganggam, Barakat Dikatam, Kalsel Babussalam’.

Peringatan Harjad senantiasa menjadi momentum untuk merefleksikan kilas balik pembangunan dan pencapaian selama beberapa tahun terakhir. Provinsi Kalsel sejauh ini telah melewati banyak dinamika dan tantangan, yang dilalui dengan ketangguhan, kekuatan, dan kerja keras antara elemen masyarakat.

Beberapa parameter menjadi perhatian bersama, seperti capaian indeks pembangunan manusia, indeks kualitas lingkungan hidup, serta sederet prestasi yang membanggakan.

BACA: Puncak Harjad Ke-74 Provinsi Kalsel, Dihadiri Tamu Mancanegara Hingga Makan Gratis Buat Warga

Dalam acara tersebut, Gubernur Sahbirin Noor juga menerima penghargaan atas keberhasilan memimpin Provinsi Kalsel. Selain itu, gubernur dua periode ini juga memberikan berbagai penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas berbagai pencapaian dan kontribusi yang signifikan.

Peringatan Hari Jadi kali ini juga menjadi ajang untuk memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan Kalimantan Selatan.

Sejumlah penghargaan bergengsi diterima dan diberikan oleh Gubernur Sahbirin antara lain, Penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) atas keberhasilan mengentaskan desa tertinggal. Penghargaan ini membuktikan komitmen beliau dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah terpencil.

Gubernur Sahbirin juga menerima penghargaan dari DPRD Kalsel atas kinerja terbaik Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024. Penghargaan ini menjadi bukti nyata keberhasilan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga di tengah situasi ekonomi yang dinamis.

Selain itu, beliau juga menerima penghargaan Khusus DPRD Kalsel atas karya Pencipta Lagu Mars Bergerak yang telah menjadi Mars Resmi Provinsi Kalsel.

Mendampingi Gubernur Sahbirin, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel juga menerima penghargaan atas dedikasinya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui program Germas Cinta Banua dari DPRD Kalsel.

Disamping menerima berbagai penghargaan, Gubernur Sahbirin secara resmi memberikan berbagai penghargaan kepada individu, kelompok, lembaga, pemerintah Kabupaten/kota yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan Provinsi Kalsel.

BACA JUGA: Turdes Ke-10, Paman Birin Temui Warga Dan Memastikan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Salah satu fokus utama dalam penganugerahan ini adalah apresiasi terhadap capaian investasi dan pembangunan berkelanjutan. Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Bupati Kabupaten Kotabaru, dan Bupati Kabupaten Tabalong berhasil meraih penghargaan atas capaian realisasi investasi terbesar.

Penghargaan Satu Wasaka Award juga diberikan kepada beberapa kabupaten/kota atas keberhasilannya dalam mencapai target sanitasi dan air minum.

Paman Birin juga memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik. Mulai dari bidang pertanian, kesehatan, hingga pemberdayaan masyarakat, semua sektor mendapatkan perhatian khusus. Penghargaan Diskominfo Kalsel kepada penerima penghargaan tindak lanjut aduan terbaik LAPOR PAMAN menjadi bukti komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik yang responsif.

Dalam upaya pelestarian lingkungan, Dinas Kehutanan Kalsel menerima penghargaan atas dedikasinya dalam pendampingan perhutanan. Sementara itu, Dinas Perindustrian Kalsel memberikan sertifikat Indikasi Geografis Sasirangan sebagai bentuk pengakuan atas kekayaan intelektual masyarakat Kalimantan Selatan.

Penguatan lembaga masyarakat seperti Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial juga menjadi perhatian dalam penganugerahan ini. Selain itu, penghargaan Poskamling Terbaik diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

BACA LAGI: Pemprov Kalsel Siapkan Berbagai Event Sambut Hari Jadi Ke-74 Tahun

Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, Gubernur juga memberikan penghargaan kepada kelompok tani berprestasi, petugas inseminasi buatan, dan pelaku usaha ekonomi produktif. Program One Pesantren One Product (OPOP) juga mendapatkan perhatian dengan pemberian surat keputusan pembentukan badan hukum koperasi pondok pesantren.

Tak hanya itu, Gubernur Kalsel juga menyerahkan hadiah kepada Juara 1 Lomba Logo dan Tema Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74 kepada Rosmia Ahdiati (logo) Siti Nuridamayanti dan Siti Nurida (tema).

Usai memberikan penghargaan Paman Birin mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersatu dan bekerja sama membangun daerah tercinta. “Kalsel telah banyak mencapai kemajuan, namun kita tidak boleh berpuas diri. Mari kita terus bekerja keras untuk membangun Kalsel yang lebih baik,” ucap Gubernur Sahbirin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.