Puncak Harjad Ke-74 Provinsi Kalsel, Dihadiri Tamu Mancanegara Hingga Makan Gratis Buat Warga

0

RIBUAN masyarakat Kalimantan Selatan dari berbagai kalangan, turut menyaksikan peringatan puncak Hari Jadi (Harjad) ke-74 Provinsi ini, Rabu (14/8/2024) di halaman Kantor Gubernur Kalsel, di kawasan Nol Kilometer Jalan Sudirman Banjarmasin.

SELAIN unsur forkopimda dan pejabat lingkup Pemprov Kalsel serta kabupaten/kota, hadir pula tamu dari mancanegara, yakni India dan Jepang. Mereka turut berpartisipasi memerintahkan rangkaian peringatan puncak harjad tahun ini dengan tema ‘Niat Diganggam, Barakat Dikatam, Kalsel Babussalam’.

Mengawali acara, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Hj Raudatul Jannah, atau yang akrab disapa dengan Paman Birin dan Acil Odah, muncul di panggung utama dengan atribut motor trail yang biasa digunakan untuk kegiatan turun ke desa (turdes) setiap tahun.

BACA: Pemprov Kalsel Siapkan Berbagai Event Sambut Hari Jadi Ke-74 Tahun

Paman Birin dan Acil Odah lalu disambut para pemain kesenian Mamanda, sebelum duduk di kursi bersama tamu, ulama, tokoh dan undangan lainnya.

Drama musikal dan tari yang tampil apik dan memukau, menjadi pembuka acara yang disaksikan juga Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (Dirjen PDP), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Sugito dan Hanif Faisol Nurofiq menjabat sebagai Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Pada kesempatan itu, disampaikan penghargaan Kementerian Desa, PDTT kepada Gubernur Kalsel atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga seluruh desa di Kalsel berstatus mandiri, maju dan berkembang.

Dilanjutkan penyerahan penghargaan Pemprov Kalsel ke bupati walikota se-Kalsel oleh gubernur, penghargaan kepada kepala SKPD, dan lain-lain.

BACA JUGA: Gubernur Sahbirin Noor Bakal Pimpin Kirab Merah Putih Ke-5 2024

Dalam sambutannya, Paman Birin menyebut, banyak pembangunan yang telah dilakukan bersama sebagai hasil gotong royong yang baik dari pemerintah daerah, DPRD, bupati walikota di Kalsel, dan lainnya.

Sekitar 8 tahun mendapat amanah sebagai gubernur, Paman Birin mengakui telah bahu membahu membangun Banua ini dan diantara banyak hasil pembangunan, saat ini masyarakat dapat melihat berdirinya dengan kokoh, tugu nol kilometer di Banjarmasin.

Selain itu, terbangunnya jalan bebas hambatan dari Kabupaten Tanah Bumbu menuju Banjarbaru dan jalan ini akan dilalui peserta kirab kemerdekaan tahun ini.

Setelah menyampaikan sambutannya, dilakukan pemotongan Nasi Astakona oleh Paman Birin didampingi Acil Odah dan diberikan kepada Wakil Gubernur H Muhidin, TGH Wildan Salman, dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK.

Seremonial peringatan puncak harjad diakhiri dengan tausiah yang disampaikan TGH Wildan Salman dan menutup dengan doa.

BACA LAGI: Turdes Ke-10, Paman Birin Temui Warga Dan Memastikan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Selanjutnya, Paman Birin dan Acil Odah melakukan opening Festival Pasar Terapung 2024 yang ditandai dengan membunyikan meriam bambu.

Para acil-acil jukung (sebutan untuk pedagang pasar terapung) yang lengkap dengan atribut merah putih, memadati kawasan Nol kilometer Siring Sungai Martapura, menjajakan buah-buahan, sayur mayur dan hasil pangan lainnya.

Klimaks acara, saat ditampilkan atraksi pesawat gantole oleh dua kapten yang mengitari area puncak peringatan hari jadi itu. Pesawat pertama membawa banner bertuliskan ‘Dirgahayu Provinsi Kalimantan Selatan ke-74’ dan kedua membawa dragon banner sepanjang 600 meter.

Terakhir, dilakukan penyerahan cenderamata mata kepada tamu mancanegara oleh Paman Birin dan kunjungan ke stand pameran ‘Kampung Banjar’. Di lokasi itu juga, tersedia makanan dan kue khas daerah secara gratis yang disiapkan SKPD lingkup Pemprov Kalsel untuk pengunjung warga Banua.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.