Pondasi Tak Kuat Menopang, Bangunan Indekos 2 Lantai Ambruk

0

KEJADIAN bangunan ambruk kembali terjadi di Banjarmasin. Kali ini sebuah indekos di Komplek Malkon Temon Permai, ambruk dan membuat warga sekitar geger.

PERISTIWA yang terjadi di RT 13 Kelurahan Surgi Mufti ini, terjadi sekitar pukul 9.25 WITA, pada Selasa (13/8/2024).

Pantauan jejakrekam.com di lapangan, bangunan indekos 2 lantai 15 pintu tersebut, ambruk dari bagian depan hingga tengah. Beruntungnya, tidak memakan korban, baik luka maupun korban jiwa.

Salah satu warga di sekitar bangunan ambruk itu, Bariah menuturkan, ketika kejadian dirinya terkejut setelah mendengar suara keras seperti benda hancur. “Saya kira ada kucing berkelahi di atap, ternyata rumah ambruk, dan kita langsung minta tolong,” ungkapnya.

BACA: 2 Rumah Roboh di Sungai Andai, Bangunan Ponpes Nurus Sholihin Ambruk Usai Disapu Angin

Penyebab robohnya bangunan ini disampaikan petugas Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin yang memeriksa di lapangan akibat pondasi bawah rumah yang patah, akibat menahan beban bangunan.

“Antara sepatu dan sunduk tiang bawah itu patah. Karena beban bangunan ini harusnya tidak untuk lantai dua,” ujar Danru 1 BPBD Banjarmasin, Yossi kepada awak media, Selasa, (13/8/2024).

Apalagi kata dia, bangunan dua lantai itu didominasi batu bata yang padat. “Jadi berat bangunan ditambah pondasi bawah yang tidak mempuni, itu sangat signifikan bangunan roboh,” ujarnya.

Lantas, dirinya pun mengimbau pemilik bangunan agar seger membongkar bangunan yang ambruk. “Kita sarankan untuk pemilik menghancur bangunannya segera, mengantisipasi rumah tetangga di sampingnya dan ada korban jiwa,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis fery
Editor ahmad riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.