Survei Algoritma : Sukamta Raih Elektabilitas Tertinggi di Pilkada Tala 2024

0

LEMBAGA survei algoritma merilis survei elektabilitas nama-nama calon di kabupaten Tala menjelang Pilkada 2024 pada Minggu (4/8/2024) di Best Western Kindai Hotel Banjarmasin.

DIREKTUR Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma, Fajar Nursahid menyampaikan, merujuk pada survei, masyarakat masih mendambakan Bupati Tanah Laut 2018–2023, Sukamta untuk kembali memimpin Tala.

Fajar menjelaskan pada survei ini urutan elektabilitas tokoh dari sisi top of mind responden paling tinggi adalah Sukamta di angka 31,8%, disusul oleh PJ Bupati Tala Syamsir Rahman, Calon Legislatif DPR RI terpilih Endang Agustina 9,6% serta mantan Bupati Tala 2013–2018 Bambang Alamsyah di angka 8,2%.

BACA : Lembaga Survei Banua Sebut Masyarakat Banjarbaru Puas dengan Kepemimpinan Aditya-Wartono

“Elektabilitas Bapak Sukamta terlihat mendominasi, kemudian yang terdekat Bapak Syamsir Rahman namun kelihatannya tidak akan berlaga di Pilkada Tala,” ucapnya kepada awak media.

Sementara untuk bursa calon wakil bupati sangat kompetitif diisi empat nama dengan elektabilitas tertinggi yaitu Wakil Bupati Tanah Laut 2018–2023 Abdi Rahman di angka 9,1%, Endang Agustina 8,2%, Anggota DPRD Tanah Laut Yoga Pinis Suhendra 7,3%, serta Sekretaris Daerah Tala 2020–2024 Dahnial Kifli di angka 6,9%.

Fajar menjelaskan para tokoh yang memiliki level elektabilitas yang tinggi ini ditopang level interaksinya ke masyarakat yang tinggi mendominasi bursa calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Tala.

BACA JUGA : Survei LSPP Terkait Pilkada Kalsel 2024 Diragukan, Ini Sebabnya

“Pada Pilkada di Tala sebanyak 92,3% responden menyatakan akan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Namun kata Fajar menjelang Pilkada Tala ini, hingga per hari ini 4 Agustus 2024 belum ada satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang mendapatkan rekomendasi dari partai politik atau gabungan partai politik untuk memenuhi syarat minimal 20% kursi parlemen yaitu 7 kursi dari total 35 kursi di DPRD Kabupaten Tala.

“Dari hasil survei yang dilakukan, sudah mengerucut beberapa nama, harusnya tidak sulit bagi Parpol di Tala untuk memilih dan memberikan rekomendasi untuk jagoannya bertarung di Pilkada 2024,” paparnya.

Adapun survei algoritma ini dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap 450 koresponden yang terbagi secara proporsional mewakili penduduk Kabupaten Tala usia dewasa.

Pada survei ini margin of error +/-4,6% pada tingkat kepercayaan 95% dengan pengumpulan data dari 18-24 Juli 2024 yang dilakukan 30 enumerator.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.