Kongres JKPI Siap Digelar Bersama Rangkaian Harjad Banjarmasin Ke-498

0

KONGRES VI Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Tahun 2024, akan digelar di Banjarmasin pada bulan September mendatang. Sekaligus meramaikan rangkaian Hari Jadi (Harjad) Ke-498 Kota Banjarmasin.

HAL ini diungkapkan oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang menyebut setidaknya akan ada 80 kabupaten/kota se-Indonesia, anggota JKPI yang akan datang ke Kota Banjarmasin.

“Terkait kongres JKPI, kita sepakati dilaksanakan tanggal 18 sampai 21 September 2024, beriringan dengan Hari Jadi Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina.

“In syaa Allah, 80 anggota JKPI kabupaten/kota bisa berhadir,” sambungnya.

BACA: Memiliki Banyak Warisan Budaya, Banjarmasin Bakal Jadi Tuan Rumah JKPI

Selama pelaksanaannya nanti, Ibnu membeberkan akan ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Mulai dari pameran, seminar hingga pertunjukan seni budaya. “Kita ingin menonjolkan warisan sejarah sungainya, maupun sejarah Kota Banjarmasin. Itu nanti akan di eksplore anggota JKPI,” jelasnya.

Kemudian, para anggota JKPI juga akan memiliki kesempatan yang sama untuk menampilkan pusaka dari daerahnya masing-masing.

Tak hanya itu, kongres JKPI ini juga ujar Ibnu tentunya untuk memilih ketua JKPI berikutnya. “Dan secara kebiasaan, yang jadi tuan rumah akan jadi ketua. Jadi saya akan terima tongkat estafet dari Walikota Semarang, atau ketua JKPI sekarang ke Walikota Banjarmasin, selama 1 tahun,” bebernya.

Adapun gelaran kongres JKPI berikutnya setelah Banjarmasin diketahui yakni Kota Yogyakarta.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.