Penjabat Bupati Tabalong Dorong Berkembangnya Usaha Rakyat Lewat Koperasi

0

DINAS Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Tabalong, menggelar peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77, di Gedung Saraba Kawa Tanjung, Kamis (18/07/2024).

DALAM sambutannya, Penjabat Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah meminta koperasi berperan dalam melengkapi ekosistem usaha rakyat.

Menurutnya, keberadaan koperasi di Tabalong adalah salah satu solusi strategis dalam menjawab tantangan krisis pangan dan ketidakpastian masa panen. “Di sinilah peran koperasi menjadi sangat penting, guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh,” ujar Hj Hamida Munawarah.

BACA: Ingatkan Kewajiban Gelar RAT, Awal 2024 Diskopukmperindag Tabalong Segera Evaluasi Koperasi

Hamida menegaskan, koperasi hendaknya berpengaruh dalam mengonsolidasikan para pelaku UMKM, agar usaha dapat meningkatkan nilai skala ekonomi. “Akuntabilitas koperasi harus terus diperkuat, tata kelola koperasi harus semakin baik sehingga koperasi semakin dipercaya oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala DKUPP Tabalong, Syam’ani menjelaskan, peringatan Harkopnas kali ini dirangkai dengan kegiatan bakti sosial dan donor darah.

Dijelaskan Syam’ani, pihaknya telah melakukan penilaian kesehatan koperasi. Sehingga hasilnya, koperasi yang dinilai sehat diberikan penghargaan dan uang pembinaan, saat rapat anggota tahunan (RAT) yang tepat waktu. “Ada pula digelar sarasehan yang diikuti anggota Dekopinda dan pengurus koperasi,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.