PKA Angkatan IX, Gubernur Kalsel Tekankan Peran Strategis Pejabat Administrator

0

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Adi Santoso secara resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IX Tahun 2024.

PKA yang dilaksanakan untuk di lingkungan Pemprov ini, dihelar di Aula Kampus I BPSDMD Prov Kalsel, jalan Panglima Batur Timur, Banjarbaru, senin (20/5/2024).

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua Asosiasi Profesi Widyaiswara Kalsel, Tina Purnamawati, Widyaiswara, pejabat lingkup Pemprov Kalsel serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Adi Santoso, gubernur menekankan pentingnya peran strategis pejabat administrator dalam struktur pemerintahan.

BACA: Rombongan Studi Lapangan PKA Kejagung Datangi Pemprov Kalsel

Menurutnya, pejabat administrator berfungsi sebagai katalisator dan penghubung antara kebijakan perangkat daerah dengan teknis pelaksanaan kegiatan. “Jabatan ini sangat strategis karena menjadi jembatan antara kebijakan dan pelaksanaan kegiatan,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan, bahwa seorang pejabat administrator harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, berintegritas, dan mampu membina hubungan baik dengan bawahannya. “Pemimpin yang baik tidak hanya mampu menyelesaikan tugas dengan tepat, tetapi juga mampu membangun hubungan yang positif dengan orang-orang yang dipimpinnya,” tegas beliau.

Selain itu, gubernur mengingatkan pentingnya penerapan kepemimpinan Pancasila, pemahaman tentang pembinaan dan pengendalian kinerja organisasi, kemampuan berkomunikasi, pengetahuan manajemen risiko, serta kemampuan beradaptasi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Di akhir sambutannya, gubernur berpesan kepada para pejabat administrator untuk menjalankan tugas dan fungsi jabatan dengan sebaik-baiknya.

“Kejujuran dalam melaksanakan amanah jabatan akan menyelamatkan saudara di dunia dan akhirat. Sedangkan dedikasi dan loyalitas terhadap bangsa dan negara, menjadi sumbangsih kita untuk ikut memajukan dan mencapai kejayaan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gubernur Kalsel Harapkan Peserta PKA Terus Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional BPSDMD Kalsel, yang juga menjabat Plh Kepala BPSDMD Kalsel, Ahmad Bagiawan menyampaikan, bahwa PKA ini bertujuan untuk meningkatkan Indeks Profesionalitas ASN Kalsel.

“PKA ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas ASN, khususnya pejabat esselon III, dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” jelas Bagiawan.

Lebih lanjut, Bagiawan menerangkan bahwa PKA Angkatan IX ini merupakan angkatan pertama yang dilaksanakan di Tahun 2024. Rencananya, akan ada 4 angkatan PKA yang dilaksanakan di tahun ini.

Bagiawan berharap, para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pekerjaan sehari-hari. “Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja ASN dan pelayanan publik di Kalsel,” pungkasnya.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IX Tahun 2024 dilingkungan Pemprov Kalsel ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pejabat esselon III Pemprov Kalsel dan berlangsung selama kurang lebih 100 hari, mulai dari tanggal 25 Maret 2024 sampai dengan 20 Agustus 2024 yang meliputi belajar mandiri, klasikal, studi lapangan, dan implementasi aksi perubahan di instansi asal peserta.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.