Gubernur Kalsel Harapkan Peserta PKA Terus Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi

0

PELATIHAN Kepemimpinan Administrator (PKA), diharapkan melahirkan pejabat yang mampu merumuskan strategi kegiatan, sehingga dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat atau publik penerima layanan.

HARAPAN ini disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Prov Kalsel Sulkan, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada pembukaan PKA Angkatan IV di Kampus II Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kalsel, Rabu (18/5/2022).

Gubernur menyebut, capaian kinerja dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, tidak lagi hanya berbicara outcome, atau hasil suatu kegiatan. “Saudara-saudara harus mampu menetapkan dan merumuskan strategi bagaimana outcome dari suatu kegiatan menghasilkan capaian program yang memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat atau publik penerima layanan,” katanya.

Menurut gubernur semua perlu memahami, kualitas sumber daya manusia adalah unsur terpenting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Seperti dengan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang juga dituntut untuk memiliki kompetensi sikap dan perilaku yang profesional, serta bertanggung jawab sebagai pelayan publik.

BACA: Implementasi Blunder Kebijakan Publik

“Kita harus terus mengasah kemampuan dan kompetensi kepemimpinan, disamping terus meningkatkan integritas. Kompetensi kepemimpinan ini penting untuk dimiliki setiap aparatur. Sikap kepemimpinan sangat diperlukan dalam setiap organisasi, terlebih untuk birokrasi pemerintahan,” katanya.

Gubernur pun berharap, pelaksanaan pelatihan kepemimpinan ini mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya aparatur birokrasi, serta mampu meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Prov Kalsel Mujiyat mengatakan, peserta yang mengikuti PKA ini berjumlah 40 peserta lingkup pemprov dan kabupaten/kota.

Ditambahkan Mujiyat, di sepanjang tahun 2022 BPSDMD Prov Kalsel melakukan pelatihan sebanyak 120 peserta. Dan pada angkatan ini para peserta yang mengikuti pendidikan dari tanggal 18 Mei hingga 22 Agustus 2022 atau selama 91 hari.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.