Diterpa Isu Tak Sedap, Kapolres Tabalong Tegaskan Netralitas Polri Di Pemilu 2024

0

BUPATI Tabalong H Anang Syakhfiani, yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong Pebriadin Hapiz, menyampaikan dukungan atas inisiatif Polres Tabalong yang mengajak duduk bersama membahas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

HAL tersebut dilakukan atas maraknya isu yang beredar, terkait institut Kepolisian akan memberikan dukungan pada salah satu pasangan Calon Presiden (Capres) ataupun parpol. Sehingga kabar tersebut dibantah langsung oleh Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian.

AKBP Anib Bastian menegaskan, Polri tidak ada perintah terkait hal tersebut, dan Polri harus bersikap netral, tidak memihak parpol maupun capres tertentu.

BACA: Pegang Amanah Menjaga Kamtibmas Pemilu 2024, Polres Tabalong Gelar Simulasi Sispamkota

“Kami tidak dapat membantu masyarakat, organisasi atau pihak manapun yang sifatnya bernuansa politik,” beber AKBP Anib saat Ngobar Sarabakawa yang digelar Arna Cafe Mabu’un, Kecamatan Murung pudak, Tabalong, Kamis (16/11/2023).

Ngobar atau ngopi bareng ini sendiri merupakan gagasan Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djayadi yang kemudian ditindak lanjuti oleh Polres Tabalong dengan duduk bersama Forkopimda Kabupaten Tabalong, KPU Tabalong, Bawaslu Tabalong dan juga dihadiri oleh ketua atau perwakilan parpol peserta pemilu yang terdaftar di Kabupaten Tabalong.

Dalam kesempatan ini Kapolres berharap adanya pemahaman dan pengertian dari parpol, bahwa Polri melakukan kegiatan patroli atas dasar tugas pokok Polri yaitu melindungi melayani dan mengayomi, yang salah satu kegiatannya adalah patroli persambangan.

Kegiatan tersebut tegas AKBP Anib bukan untuk memihak salah satu pihak namun semata- mata meyakinkan dan memberikan rasa aman di masyarakat.

“Harapan kami agar kita semua bisa bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terkait pemilu yang kondusif dimulai dari awal tahapan hingga pasca pemilu,” ucapnya.

BACA JUGA: Pasca DCT Anggota DPRD, Bawaslu Tabalong Ingatkan Kontestan Pemilu 2024 Tak Berkampanye

Sementara itu, hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Tabalong Mahdan Basuki, yang juga mengapresiasi terkait inisiatif Polri untuk duduk bersama dalam menjaga kamtibmas Pemilu 2024.

“Hingga saat ini kita belum menemukan adanya laporan dan juga belum ada menerima laporan terkait adanya keberpihakan yang dilakukan oleh Polri,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Mahdan mengajak semua pihak untuk sportif dan memahami aturan yang berlaku serta menghargai tahapan-tahapan pemilu, khususnya tahapan sebelum masa kampanye.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.