Konsultasi Publik Bentuk Dukungan Pemerintah Pusat Ke Daerah

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas PUPR menggelar acara konsultasi publik (KP-l) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), wilayah perencanaan Kecamatan Montallat.

KEGIATAN digelar di Hotel GH Senyiur Muara Teweh, Selasa (17/09/2024). Kegiatan ini dihadiri kepala perangkat daerah, perwakilan dari kementrian lembaga, dan para camat se-Barito Utara.

Penjabat Bupati Muhlis mengatakan, Tahun 2024 ini Kabupaten Barito Utara mendapatkan bantuan teknis untuk peyusunan rencana detail tata ruang, melalui anggaran belanja tambahan penerimaan negara bukan pajak

Hal ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah pusat, bagi pelaksanaan pembangunan daerah, dalam bentuk perwujudan penataan ruang. Nantinya sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

BACA: Pemkab Barito Utara Ekspose Laporan Antara dan Konsultasi Publik Penyusunan RDTR

Muhlis menambahkan, tujuan konsultasi publik rencana detail tata ruang, adalah untuk memastikan bahwa perencanaan dan keputusan yang diambil tidak hanya efektif dan berkelanjutan, tetapi juga mencerminkan kepentingan dan aspirasi masyarakat setempat.

“Konsultasi publik ini juga diantaranya dengan mendengarkan langsung mengenai kebutuhan, harapan dan kehawatiran mereka, terkait dengan rencana tata ruang dan dampak lingkungan,” kata Muhlis.

Dikatakannya,sebagai informasi awal, dan data dari Kementrian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Kecamatan Montallat memiliki investasi sebesar kurang lebih Rp 4,6 triliun. Adapun maksud disusunnya rencana detail tata ruang di Kecamatan Montallat ini, adalah untuk menyusun rencana pengembangan dan pembangunan fisik kawasan, serta memberikan kepastian hukum dalam pemberian perijinan berusaha, agar sesuai dengan peruntukan lahan, sebagaiman diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.

“Kita dapat memastikan bahwa rencana yang dihasilkan benar-benar mecerminkan kebutuhan dan kepentingan bersama agar semua pihak dapat memberikan saran, masukan kepada tim peyusun agar kita lebih merumuskan keterpaduan isu strategis yang ada di Kabupaten Barito Utara,” jelas Muhlis.

BACA JUGA: Pemkab Barito Utara Gelar FGD Pembahasan Delineasi Wilayah Perencanaan dan Penjaringan

Sementara itu, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II, Reni Windyawati meyampaikan, kegiatan ini untuk melakukan konsultasi publik dalam rangka untuk membantu daerah dalam proses penyusunan rencana detail tata ruang.

Dijelaskannya, pekerjaan ini akan menjadi satu dokumen yang sangat penting di dalam pemberian perizinan baik itu kegiatan usaha maupun kegiatan pemanfaatan serta untuk melakukan kegiatan usaha atau pemaparan.

Di akhir kegiatan, juga dilaksanakan penandatanganan bersama berita acara konsultasi publik-01 untuk wilayah perencanaan Kecamatan Montallat.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.