Nonton Bareng Film Tepatilah Janji, Cara KPU Edukasi Dan Sosialisasi Jelang Pilkada

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU), terus melakukan upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Tak tanggung-tanggung, sosialisasi juga dilakukan lewat layar lebar.

BEKERJA sama dengan Garin Nugroho, sutradara kenamaan ini memproduksi sebuah film layar lebar yang berisi banyak pesan moral tentang kontestasi politik.

Di Kota Banjarmasin, nonton bareng (nobar) film berjudul “Tepatilah Janji’ itu, dilangsungkan di Kota Cinema Mall Belitung Darat Banjarmasin, Rabu (18/9/2024) malam.

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa mengatakan, film ini memberikan edukasi terhadap proses demokrasi khususnya di Kalimantan Selatan.

BACA: KPU Kalsel Gelar Sosialisasi Untuk Tingkatan Partisipasi Pemilih

Disamping juga nobar film Tepatilah Janji adalah cara sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih, melalui pendekatan budaya pada Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Nobar ini merupakan program kegiatan dari KPU RI yang kami laksanakan dan kami diberi amanah yang melibatkan steakholder, terkait juga tokoh masyarakat, ormas, mahasiswa, pemilih pemula, untuk mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024,” ujar Andi Tenri.

Pesan moral pun dapat tersampaikan ke masyarakat, dengan film yang dikemas semenarik mungkin. Mengangkat isu politik yang dibawakan dengan humor, komedi serta menyesuaikan dengan dinamika yang terjadi di daerah-daerah.

“Dengan nobar ini, semoga kita mendapatkan makna dan berkah bahwa Pilkada 2024 merupakan momentum bagi para calon kepala daerah beradu gagasan, beradu visi-misi, beradu program kerja, tentunya untuk Banua kita tercinta,” katanya.

BACA JUGA: Ini Yang Terjadi Jika Kotak Kosong Menang Pilkada Akan Diisi Penjabat Selama 5 Tahun

Ditambahkannya, KPU sebagai penyelenggara pesta demokrasi akan melaksanakan pilkada sesuai dengan aturan yang ada. Dalam film ini juga tergambar bagaimana proses dinamika dalam pilkada, yang intinya seorang pemimpin harus bisa menepati janjinya.

Jadi seorang pemimpin itu, dikatakannya bahwa jika berani berjanji, maka harus mampu menepati. Ada nilai-nilai positif dan ada nilai-nilai edukatif di dalamnya. “Hal ini tentu menjadi nilai-nilai moral penguatan dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2024 ini,” ucapnya.

Film yang dibintangi Ibnu Jamil dan Cut Mini ini, ditonton lebih dari 400 orang yang juga dihadiri oleh Forkopimda Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.