Posyandu Lansia ‘Senyum Ceria’ Bikin Gebrakan Baru

0

SETELAH melalui proses perjalanan yang panjang dan melelahkan, maka setelah kurang lebih 4 tahun perjalanannya Posyandu Lansia ‘Senyum Ceria’ yang berada di Kelurahan Alalak Selatan, mendapatkan Piagam Penghargaan dari Walikota Ibnu Sina.

PENGHARGAAN yang diterima pada 24 Juni 2024 yang lalu, yakni bertepatan memperingati Hari Lanjut Usia (HLUN), malah memacu Kader Posyandu Lansia Senyum Ceria untuk lebih memberdayakan keberadaan mereka.

Kader posyandu ini membentuk Bank Sampah Lansia ‘Sehat Gembira’, yang dapat membantu menjaga kebersihan Kota Banjarmasin.

BACA: YBM PLN UP3 Banjarmasin Serahkan Paket Sembako ke Posyandu Lansia Senyum Ceria

Ketua Kader Posyandu Senyum Ceria, mengatakan, Bank Sampah Lansia Sehat Gembira ini, merupakan bank sampah yang pertama di Kota Banjarmasin, yang di kelola oleh Para Keder Posyandu Lansia. “Kami berharap program ini mendapatkan bantuan dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Banjarmasin khususnya dan instansi swasta lainnya, agar bank sampah lansia ini dapat berjalan secara berkelanjutan,” ujarnya, pada Minggu (18/8/2024).

Sedangkan Launching/Peresmian Bank Sampah Lansia Sehat Gembira tersebut dilakukan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love.

Turut hadir, Kabid Kebersihan Marzuki, yang sekaligus menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bank Sampah Lansia Sehat Gembira, tertanggal Kamis (15/8/2024), di Posyandu Lansia Senyum Ceria, jalan HKSN, Komplek Dasamaya 2, Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Kegiatan lanunching tersebut dirangkaikan dengan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis untuk para lansia dan dilanjutkan dengan makan bersama.

BACA JUGA: Menjemput Sehat Di Posyandu Lansia Senyum Ceria

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love mengatakan, sebagai manusia yang beriman maka wajib menjaga kebersihan, dimana kebersihan itu mencakup, kebersihan hati atau niat, kebersihan diri, kebersihan pakaian dan kebersihan lingkungan.

“Dengan menjaga semua kebersihan tersebut maka kita akan terhindar dari segala macam penyakit. Bukan hanya penyakit lahir akan tetapi juga penyakit batin, maka kita semua akan selalu mendapatkan kesehatan, dengan demikian kita dapat selalu sehat gembira, sesuai dengan nama Bank Sampah Lansia, yaitu Bank Sampah Sehat Gembira,” ujar Alive Yoesfah Love.

“Dibentuknya Bank Sampah Lansia Sehat Gembira ini untuk memberikan edukasi kepada para lansia khususnya, bahwa pengelolaan sampah yang baik selain untuk menjaga kesehatan juga memberikan nilai ekonomis (khususnya para lansia), untuk menambah pendapatan rumah tangga. Selain itu juga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kita Semua berharap para lansia yang ada di Posyandu Lansia Senyum Ceria ini menjadi pelopor atau penggerak pengelola sampah yang baik dan benar, sehingga dapat berpatisipasi untuk meraih kembali Piala Adipura yang lepas dari genggaman kita,” imbuh Syamsul menambahkan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.