Dampingi Anak Berobat, Novinda Rasakan Layanan JKN Semakin Nyaman

0

SATU dekade berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Layanan ini semakin nyaman dirasakan.

SALAH satunya dirasakan oleh Novinda (31 tahun). Peserta dari segmen pekerja penerima upah ini, menceritakan pengalamannya menggunakan layanan saat mendampingi anaknya rawat inap di RSUD Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

“Anak saya dirawat inap karena demam tinggi dan sakit di bagian perut, menggunakan layanan JKN di RSUD Muara Teweh. Dari pelayanan, ruangan dan informasi yang diberikan membuat kami nyaman dalam menjalani pengobatan,” ucap Novinda beberapa waktu lalu.

BACA: BPJS Muara Teweh Berikan Kemudahan Pelayanan Pada Peserta JKN

Ibu dari dua anak tersebut menjelaskan, dari sisi administrasi, kemudahannya dirasakan saat cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja dan sudah dapat dilayani di fasilitas kesehatan tempat dia terdaftar.

“Sebelumnya, berobat di Puskesmas bisa menunjukkan KTP saja, begitu juga dalam kondisi gawat darurat membawa anak saya ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Muara Teweh juga sudah bisa dilayani, rasanya mudah dan tidak ada dipersulit,” terangnya.

Dari kenyamanan ruangan, Novinda yang terdaftar dalam hak kelas rawat II juga merasakan ruang rawat inap nampak bersih dan rapi sehingga dalam pengobatan anaknya dijalani terasa nyaman.

“Ruang rawat inap di sini (RSUD Muara Teweh) sangat terawat, sehingga anak saya dalam menjalani pengobatan dan saya yang mendampingi juga dapat beristirahat untuk fokus dalam pemulihan kondisi kesehatan anak saya,” terangnya.

BACA JUGA: Pemkab Barito Utara Raih Penghargaan Universal Health Coverage Award 2024

Informasi yang diberikan baik dari Petugas RSUD Muara Teweh maupun Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) memberikan keyakinan bagi Novinda bahwa Program JKN menjadi sangat bermanfaat sekaligus semakin baik dalam memberikan pelayanan bagi Peserta JKN.

“Informasi yang jelas diberikan dari awal oleh petugas di rumah sakit maupun Petugas BPJS SATU! yang sempat melakukan kunjungan ke ruang rawat inap, hal yang menjadi pertanyaan sebelumnya terkait Program JKN sudah dapat terjawab,” jelasnya.

Ia juga menyebut, pemahaman akan prosedur dan ketentuan terkait layanan JKN menjadi kunci untuk mengakses layanan dengan nyaman tanpa ada kendala.

“Sebelumnya juga sudah cari informasi untuk prosedurnya, terutama untuk sistem rujukan dan pengobatan yang dijamin maupun tidak dijamin itu seperti apa, sehingga saat memakai layanan JKN tidak terkendala,” tutup Novinda.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.