Dianggarkan Rp 9 Miliar, Pengerjaan Tahap 2 Rumdin Ditarget Selesai Desember

0

PENGERJAAN Rumah Dinas (Rumdin) Walikota Banjarmasin yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Antasan Besar, mulai kembali berjalan.

DIKETAHUI pengerjaan ini merupakan tahap dua, untuk membangun konstruksi bagian atas dari rumdin tersebut. Setelah di tahap pertama sebelumnya dilakukan pengerjaan fondasi dasar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah menuturkan, pengerjaan tahap dua ini sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Juli tadi. “Harapannya sampai di pertengahan Desember nanti ini sudah bisa selesai,” ucapnya saat ditemui di Balai Kota, Senin (5/8/2024).

BACA: Diselidiki Polda Kalsel, PUPR Banjarmasin Pastikan Proyek Rumdin Walikota Tetap Berlanjut

Dilanjutkannya, untuk tahap dua pengerjaan bagian atas rumdin ini, pihaknya hanya akan membangun hingga konstruksi rumah terbentuk. Yang artinya, pada tahap dua ini tidak termasuk penataan kawasan hingga pengisian partisi dan meubelernya. “Jadi hanya bangunan konstruksinya saja,” tutur Suri.

Terkait penataan kawasan dan pengisian itu sendiri, dijelaskan Suri, itu nantinya akan diserahkan kepada bagian umum untuk mengurusnya.

Lebih lanjut, untuk anggaran sendiri tahap kedua ini menelan biaya sekitar Rp 9 miliar bersumber dari APBD Kota Banjarmasin Tahun 2024. “Saat ini mungkin pengerjaannya sudah sekitar 20 persen lah, untuk yang tahap kedua ini,” tandasnya.

BACA JUGA: Dibiayai APBD 2023 dan 2024, Dinas PUPR Banjarmasin Pastikan Segera Bangun Jembatan Sei Jingah

Sebelumnya, jika digabungkan dengan konstruksi tahap satu yang menelan dana Rp 5 miliar untuk pembuatan struktur fondasi bawah. Total pembangunan Rumdin mencapai Rp 14 miliar.

Berdasarkan Detail Engineering Design (DED), direncanakan Rumdin Walikota Banjarmasin ini dibangun dua lantai, dengan gaya khas arsitektur Banjar bergaya Balai Laki yang di modernisasi.

Fasilitas rumdin Walikota Banjarmasin ini akan dilengkapi pendopo, ruang rapat mini, dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk, dermaga yang menghadap ke Sungai Martapura.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.