Tahun Ini Disperkim Tetap Targetkan Benahi 65 Hektar Kawasan Kumuh

0

MESKI terdampak refocusing, penanganan kawasan kumuh tetap menjadi konsen Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin di Tahun 2024 ini.

ITU disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya. “Jadi target kita tahun ini masih di angka 65 hektar. Jumlah ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya, Senin (22/7/2024).

Dijelaskan Chandra, sejauh ini Disperkim dari Tahun 2016-2021 telah menurunkan angka kawasan kumuh dari 375 hektar menjadi 25 hektar.

Lalu karena ada perubahan Rancangan Tata Ruang Wilayah Kota (RTRW), jumlah kawasan kumuh berubah menjadi 508 hektar di Tahun 2022. “Dan di Tahun 2022 dan 2023, kita telah melakukan pembenahan masing-masing 65 hektar tiap tahun,” jelasnya.

BACA: Camat dan Lurah Dikumpulkan, Disperkim Godok Penuntasan Kawasan Kumuh di Banjarmasin

Sehingga sekarang tersisa 380 hektare daerah kumuh di Banjarmasin yang harus di benahi oleh Disperkim Kota Banjarmasin.

Meskipun di saat ini, dinasnya juga turut terdampak refocusing anggaran. Chandra meyakinkan penanganan kawasan kumuh di Banjarmasin tetap akan dilakukan. “Itu dapat terjadi karena kolaborasi penanganan kumuh bantuan Kementerian, lalu Provinsi, hingga APBD dan CSR,” ungkapnya.

“Jadi besar harapan kami di tahun ini, meskipun ada kendala di anggaran. Kami tetap semangat mengatasi kawasan kumuh di Kota Banjarmasin,” sambungnya.

Disamping itu, pihaknya juga bakal mengusulkan anggaran untuk penanganan kawasan kumuh ini APBD perubahan Tahun 2024. “Mudah-mudahan ada ketersediaan anggaran, sehingga penanganan kumuh kita tetap konsisten seperti tahun sebelumnya 65 hektar,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.