Puluhan IKM Banjarmasin Dibekali Kemampuan Pengelolaan Ekspor

0

PUSAT Pelatihan Sumber Daya Manusia, Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan melaksanakan Pelatihan Prosedur Ekspor.

PELATIHAN yang dibuka oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor, digelar bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM), di Pyramid Suites Hotel Banjarmasin, Senin (8/7/2024).

Disampaikan Arifin, pelatihan itu berguna untuk memberi pengetahuan praktis tentang prosedur ekspor untuk menambah wawasan para pelaku usaha yang ada di Kota Banjarmasin. “Melalui pelatihan ini, para peserta akan diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prosedur terkait kegiatan ekspor, serta strategi dan teknik-teknik yang efektif dalam memulai kegiatan ekspor,” ucapnya.

“Kami berharap ke depannya, dengan semakin berkembangnya kegiatan ekspor di Kota Banjarmasin, akan dapat meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat,” tambahnya.

BACA: Kalsel Masuk 10 Besar Berkontribusi Nilai Ekspor Nasional

Sementara itu, Ketua Tim Ekspor PPEJP, Junianto mengatakan, pelatihan itu dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari 8 Juli hingga 10 Juli yang bertujuan untuk melakukan pelatihan ekspor ke negara lain. “Nah kita coba akan tingkatkan ekspor dari para IKM/UKM di Banjarmasin yaitu produk-produk yang ada pada saat ini adalah makanan minuman kemudian ada kerajinan anyaman,” jelasnya.

Kepala Disperdagin Banjarmasin, Ichrom Muftezar menambahkan, pelatihan prosedur ekspor tersebut berjumlah 30 peserta yang ada di Kota Banjarmasin. “Alhamdulillah, 2 diantara 30 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sudah melakukan ekspor, diantaranya adalah biola yang sudah ke mana-mana ke negara-negara yang lain juga, begitu juga dengan kopi,” terangnya.

Ia berharap, agar peserta lainnya dapat menjadi IKM yang bisa melakukan ekspor, “Mudah-mudahan nanti untuk ekspor produk-produk unggulan Banjarmasin bisa lebih banyak lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.