Rencanakan Pasang Pipa Baru, PAM Bandarmasih Akan Tingkatkan Pelayanan

0

DEMI meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, PAM Bandarmasih bakal pasang pipa distribusi Diameter 800 mm dan 400 mm, dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan Jalan Setoyo S.

HAL tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) PAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiat, dalam Sosialisasi/Ekspose Rencana, di Aula PAM Bandarmasih, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Dewan Komisaris PAM Bandarmasih, jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, instansi terkait, Camat Banjarmasin Timur, Camat Banjarmasin Tengah, LSM Kota Banjarmasin, dan tamu undangan lainnya.

BACA: BPKP Kalsel Apresiasi Kinerja Baik PAM Bandarmasih

Muhammad Ahdiat mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan terkait rencana PAM Bandarmasih untuk melakukan peremajaan pipa jaringaan distribusi. AAlhamdulillah, dalam kegiatan tersebut kita mendapat dukungan dari para perwakilan instansi yang hadir,” ujarnya.

“Setelah ini, kita juga akan melakukan sosialisai ke kelurahan-kelurahan yang dilalui oleh pipa yang dipasang tersebut,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ahdiat memaparkan, peremajaan pipa tersebut dilakukan dari jalan Ahmad Yani Km 2,5 sampai dengan jalan Setoyo S. “Jadi dari jalan Ahmad Yani itu sepanjang 1400 meter, dan di jalan Setoyo S sepanjang 1.200 meter. Untuk pipa yang dipasang itu pipa 800 mm dan 400 mm,” paparnya.

“Untuk proses pengerjaan diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih selama 6 bulan, yang memakan biaya sebesar Rp 75 miliar. Tapi kalau bisa akan kita usahakan lakukan percepatan,” lanjutnya.

Kegiatan peremajaan pipa tersebut salah satu upaya pihaknya yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada di kawasan Banjarmasin Barat. AAlhamdulillah saat ini prosesnya sudah mulai ada titik terang, karena rencana ini sudah lama direncanakan, namun karena ada beberapa kendala sehingga tertunda,” jelas Muhammad Ahdiat.

“Namun saat ini sudah berproses dengan baik, diperkirakan bulan September atau Oktober 2024 nanti proses pengadaan dilanjutkan pemasangan pipa sudah mulai berjalan,” sambungnya.

Namun Ahdiat menyebut, selama proses pemasangan pipa akan ada dampak terhadap arus lalu lintas di kawasan tersebut. Pasalnya, untuk pemasangannya ini melalui jalan nasional sehingga akan mengganggu arus lalu lintas. Kendati demikian, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meminimalisir dampak tersebut.

“Namun untuk pendistribusian air bersih, masyarakat tidak perlu khawatir, air tetap akan berjalan dengan normal. Hanya saat melakukan koneksi pipa saja, pompa akan dihentikan untuk sementara waktu,” ucap Ahdiat.

BACA JUGA: Di Usia Ke-51 PAM Bandarmasih, Ibnu Sina Ingatkan Layanan Harus Ditingkatkan

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor menyampaikan, sangat mendukung program yang dilakukan dilakukan oleh PAM Bandarmasih itu.

Pasalnya, program tersebut membantu untuk mengatasi segala macam keluhan dari masyarakat khususnya Banjarmasin Barat terkait distribusi air bersih yang masih minim.

“Karenakan pipa yang ada saat ini usianya sudah sangat tua, apabila tekanan maka akan mengalami masalah seperti kebocoran. Sehingga harus dilakukan peremajaan atau pergantian pada pipa tersebut,” kata Arifin Noor.

Oleh sebab itu, Arifin berharap, dengan dipasangnya pipa-pipa tersebut dapat meningkatkan pelayan di Banjarmasin Barat menjadi lebih baik lagi. “Sehingga mayarakat bisa terlayani dengan baik, dan dapat lebih mudah mendapatkan air bersih,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.