Ketua DPRD Mengajak Seluruh Masyarakat Barito Utara Merawat Situs Bersejarah

0

KETUA DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini, menghadiri undangan Panitia Haulan Datu Malik Bin Karma dan Datu Sura Bin Karma, di makam keramat Mangkomot Desa Benangin I, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Rabu (19/6/2024).

KONDISI jalan yang sebagian masih berupa tanah yang licin setelah malamnya diguyur hujan, tidak mengurangi antusias warga masyarakat berziarah dimana pada tanggal 19 Juni 2024, yang bertepatan dengan tanggal 12 Dzjulhijjah 1445 Hijriyah, dirangkai dengan peringatan Haulan Datu Mangkomot.

Selain Ketua DPRD Barito Utara, Hj Mery Rukaini juga dihadiri Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng H Jimmy Carter, anggota Ketua Komisi I DPRD Barito Utara, Rujana Anggaraini serta warga masyarakat dari Kota Muara Teweh.

BACA: Mandi Kekayaan Pedagang Bakumpai yang Merajai Tanah Dusun

Tokoh agama Desa Benangin, Muhammad Zam-Zam membacakan selayang pandang sejarah singkat Makam Datu Mangkomot, yang merupakan makam Datu Malik Bin Karma dan Datu Sura Bin Karma yang memiliki peran besar dalam syiar Islam di tanah Barito, sekitar abad ke 18.

“Makam keramat Mangkomot di Desa Benangin I merupakan salah satu bukti perjuangan penyebaran agama Islam di tanah Barito, tepatnya wilayah pedalaman daerah aliran Sungai Teweh, wilayah Desa Benangin I, Kecamatan Teweh Timur,” kata dia.

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini mengajak semua masyarakat di daerah ini bersama-sama merawat situs bersejarah ini dan kedepannya diupayakan bersama peningkatan akses jalan menuju komplek pemakaman dan sarana pendukung lainnya demi kenyamanan para peziarah untuk datang ke tempat ini,

“Peningkatan sarana dan prasana di sini dalam rangka mempermudah masyarakat untuk datang berziarah ke makam Datu Malik Bin Karma dan Datu Sura Bin Karma atau yang lebih dikenal dengan Datu Mangkomot, kata Hj Mery Rukaini.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.