Dipilihnya Desa Sikui Dalam Penilaian Lomba Desa Berdasarkan Realita

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis menghadiri kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, Rabu (12/6/2024).

PENILAIAN yang dilakukan oleh tim dari Provinsi Kalteng, juga dihadiri unsur FKPD, asisten sekda, kepala perangkat daerah, Camat Teweh Baru bersama unsur Tripika, Kepala Desa Sikui.

Muhlis menyebut, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito utara mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, beserta rombongan di Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru.

Untuk tahun ini, Kabupaten Barito Utara menujuk Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru dan telah ditetapkan untuk mewakili pada lomba Desa Tingkat Provinsi.

BACA: Desa Lemo II Wakili Kabupaten Barito Utara di Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalteng

Diungkapkan Muhlis, penunjukkan Desa Sikui sebagai salah satu desa yang mewakili Barito Utara, karena sesuai realita dan fakta di lapangan. Dimana dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali, sangat mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan pembinaan kemasyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini juga dapat dibuktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta tingginya kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba desa tingkat provinsi. “Saat ini Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru statusnya adalah Desa Mandiri,” kata Muhlis.

Disampaikan pula, penilaian lomba desa dan kelurahan ini harus didahului dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Hal tersebut dinilai dan diikutsertakan dalam lomba desa dan kelurahan adalah yang berkembang dan cepat berkembang sedangkan yang tidak berkembang tetap menjadi perhatian untuk diberikan pembinaan.

“Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat wilayah dan tingkat regional,” tutup Muhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.