Paman Birin Kunjungi Kalbar, Obati Kerinduan Warga Banjar di Perantauan

0

PAMAN Birin berhalal bihalal sekaligus mengukuhkan kepengurusan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (PW KBB) se-Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2023–2027, Minggu (26/05/2024) di Kota Pontianak.

PRESIDEN Pengurus Pusat (PP) KBB Sa’Dunia itu hadir bersama Sekretaris Jenderal PP KBB Sa’Dunia Taufik Arbain, Staf Khusus Gubernur Kalsel, Rizal Akbar, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso, dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Kehadirian Gubernur Kalimantan Selatan Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin ini, juga didampingi oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harison dan Sultan Syarif Mukhtar Melvin Alkadrie dari Kesultanan Kadriah Pontianak.

BACA: Bubuhan Banjar Kalteng Bersilaturahmi Dengan Ketum PP KBB Sa-Dunia

Ramadhan Najwa, selaku Juara MTQN 2022 asal Provinsi Kalsel, mengawali acara dengan melantunkan pembacaan Al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK kepengurusan oleh Sekjen PP KBB, dan pengukuhan diakhiri dengan pengibaran bendera KBB dan pertukaran cenderamata.

Paman Birin mengatakan, ciri khas urang Banjar selain religius, juga pandai membawa diri atau beradaptasi dengan lingkungan sesuai falsafah, Dimana Bumi Dipijak, Di Situ Bumi Dijunjung.

Kehadiran Paman Birin benar-benar membawa keberkahan dan kegembiraan bagi warga Banjar di Provinsi Kalbar.

Apalagi Paman Birin tidak datang dengan tangan kosong. Gubernur dua periode ini selain membawa baju sasirangan, laung dan baju kaus, dibagikan juga oleh-oleh khas Banua berupa ratusan loyang kue Bingka Gambut, kue Lam Barabai, dan iwak talang masak habang.

BACA JUGA: Halal Bihalal KBB Jabodetabek, Paman Birin Dan Acil Odah Bawakan Oleh-Oleh Khas Banjar

Tak lupa Paman Birin menyampaikan, agar bubuhan Banjar di Kalbar, tetap menjaga nilai-nilai tradisi atau budaya kampung halaman asal, salah satunya tetap paham atau mahir berbahasa Banjar.

Terakhir, Paman Birin berpesan, agar mereka terus bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk kelancaran dan keberhasilan pembangunan yang dijalankan.

Adapun Ketua PW KBB Kalbar, Anang Iksan Nafiri menyebutkan, kegiatan seperti ini menjadi harapan bubuhan Banjar di Kalbar minimal satu tahun sekali.

“Hal ini diharapkan ikatan silaturahmi warga Banjar yang terpisah tempat cukup jauh ini, bisa terbina atau berkesinambungan,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.