Apel Siaga Bencana, Penjabat Bupati Tabalong: Sudah Semestinya Semua Pihak Berkomitmen Bersama

0

DALAM membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana, Pemkab Tabalong menggelar apel Siaga Bencana 2024, di Halaman Pendopo Bersinar, Senin (20/5/2024).

Di hadapan peserta apel, yang terdiri dari unsur Forkompinda, TNI/Polri, instansi vertikal, perusahaan serta relawan UPBS, Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah menyebut, masyarakat memegang peranan yang sangat penting dalam penanggulangan bencana.

Menurutnya, partisipasi masyarakat maupun semua pihak terkait sudah semestinya menunjukkan komitmen bersama. Pasalnya membangun kesiapsiagaan bencana memang harus dimulai dari yang terkecil, yaitu lingkungan keluarga dalam masyarakat.

BACA: Antisipasi Bencana, Pemkab Tabalong Perluas Lahan Relokasi Warga Terdampak

“Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana,” jelasnya.

Menurut Hamida, setiap keluarga di masyarakat sudah memiliki kesiagaan yang baik, maka secara kolektif kesiapsiagaan masyarakat pun akan terbentuk.

Sehingga partisipasi masyarakat mempunyai peran penting. Hal itu mengingat masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana bersama pihak berwenang menjadi garda utama dalam penanggulangan bencana.

“Merekalah yang paling memahami kondisi wilayahnya dan ancaman bencana yang mengintai. Keterlibatan masyarakat secara aktif sangat diperlukan,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.