Anggota DPRD Barito Utara Dukung Disdik Jadikan 4 Bahasa Daerah Jadi Muatan Lokal Di Sekolah

0

ANGGOTA DPRD Kabupaten Barito Utara, Mustafa Joyo Muhtar mendukung dan mengapresiasi Dinas Pendidikan Barito Utara, yang menjadikan empat bahasa daerah dijadikan mata pelajaran muatan lokal di sekolah.

“SAYA sangat mendukung dan mengapresiasi dengan 4 bahasa yang ada di daerah ini dijadikan bahasa lokal dan akan menjadi muatan lokal di sekolah yang ada di Barito Utara,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Selasa (21/5/2024).

Apalagi 4 bahasa lokal di Barito Utara ini sudah ada Surat Keputusan (SK) nya yang dikeluarkan Pj Bupati. Empat bahasa lokal ini akan dipertimbangkan untuk menjadi mata pelajaran mulok di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Barito Utara.

BACA: Tawarkan Tradisi Mansan, Medsos Bisa Jadi Wahana Pelestarian Bahasa Bakumpai

Adapun bahasa lokal Dayak yang akan menjadi muatan lokal di sekolah di wilayah Kabupaten Barito Utara yaitu, Bahasa Dayak Bakumpai, Dayak Manyan, Dayak Taboyan atau Tawoyan dan Bahasa Dusun Malang.

Mustafa juga berharap, nantinya dalam memilih mutan lokal tersebut diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah. Apakah yang digunakan Bahasa Dayak Bakumpai, Dayak Manyan, Dayak Taboyan atau Tawoyan dan Bahasa Dusun Malang.

Dikatakan Mustafa Joyo Muhtar di sepanjang DAS Barito umumnya banyak menggunakan bahasa Dayak Bakumpai, tetapi dalam hal memilih itu nantinya bagi sekolah-sekolah yang memang di sekitar masih ada yang menggunakan bahasa yang lain, seperti Mayan, Taboyan dan Dusun Malang.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.