Dinsos Tanbu Gelar Sosialisasi dan Edukasi Implementasi Program Bansos Reguler

0

DINSOS Tanbu menggelar Sosialisasi dan Edukasi Implementasi Program Bantuan Sosial (Bansos) Reguler, Rabu (15/5/2024).

PROGRAM Bansos Non Tunai Tahun 2024 disosialisasikan dan  berlangsung di Aula Dinsos Tanbu.

Dasar kegiatan, Surat Kepala Divisi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Nomor : 26/316/BJM/Srt/B tentang kegiatan sosialisasi dan edukasi Program Bantuan Sosial Non Tunai.

BACA JUGA: Kemahiran Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu Evakuasi Ular Piton

Dalam laporan Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan oleh Azhar Hanafi, menyebutkan peserta hadir berjumlah 50 orang.

Terdiri dari unsur penerima manfaat Program Keluarga Harapan yaitu pendamping, KPM, agen. Tujuan kegiatan ini, untuk mendukung akselerasi ekosistem ekonomi digital, Bank Indonesia bersama Pemerintah bersinergi dalam mendukung program elektronifikasi.

Salah satunya melalui, Program Bantuan Sosial Non Tunai, seperti Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang juga melibatkan Bank Himbara.

BACA JUGA: DLH Tanbu Kelola Retribusi Jasa Kebersiahan Via Aplikasi Intrik

Sebagai bentuk dukungan program implementasi, model bisnis perluasan program bantuan sosial non tunai regular.

Kantor Perwakilan BI Prov Kalsel akan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi. Pendamping serta perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), berkolaborasi bersama Dinas Sosial serta Bank Himbara, sebagai pelaksana penyaluran program Bantuan Sosial Non Tunai.

Dalam sambutan, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin.

BACA JUGA: Dharma Wanita Persatuan Tanbu Gelar Halal Bihalal

Menyampaikan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini, sebagai penambahan wawasan dan informasi. “Kita berharap jumlah penerima manfaat ini, semakin lama semakin menurun, yang berarti orang miskin di Tanah Bumbu itu sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Pemerintah Daerah dalam hal ini, juga siap membantu akselerasi ekosistem ekonomi digital untuk kepentingan masyarakat.

Dalam pelaksanaan penerima manfaat PKH pada tahun 2023, jumlah penerima PKH di Tanah Bumbu sebanyak 4.960 keluarga.

BACA JUGA: Ikuti Popda Tingkat Provinsi Kalsel 2024, Kontingen Pelajar Tanbu Dilepas

Terdiri dari 2 lembaga salur yaitu Himbara sebanyak 3.985 keluarga dan PT.Pos 975 keluarga. Selanjutnya pemaparan sosialisasi dan materi di sampaikan oleh Perwakilan BI Prov Kalsel, Candra Agusta selaku Analis Junior bersama tim. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.