MTQ Nasional XLVI Tingkat Kabupaten Banjar, Bupati Saidi Mansyur Saksikan Pawai Taaruf dan Buka Bazar

0

SEBANYAK 6000 peserta warnai meriahnya Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XLVI Tingkat Kabupaten Banjar di Kecamatan Gambut, Jumat (4/8/2023) sore.

BUPATI Banjar H Saidi Mansyur, dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyie turut menyaksikan langsung barisan kafilah dari 20 kecamatan dalam pawai tersebut.

Pawai taaruf dimulai dari Handil Asang, Desa Banyu Hirang km 11, Kecamatan Gambut. Dengan menempuh rute sekitar tiga kilometer, para paserta finish di lapangan panggung utama MTQ di lapangan bola ‘Basaing’ Kampus Universitas NU, di Jalan A Yani Km 12 Gambut.

BACA: MTQ Nasional XLVI Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023 Digelar di Kecamatan Gambut

“Betapa antusiasnya masyarakat mengikuti pawai ta’aruf kegiatan MTQ tahun ini. Bahkan satu kecamatan sampai 500 peserta lebih, itu menjadi kebanggan tersendiri,” ucap Bupati Banjar.

Seusai menyaksikan pawai, Bupati Saidi Mansyur membuka Bazar MTQ XLVI yang diikuti 20 kecamatan serta stand lainnya. Pembukaan ditandai dengan pemotongan untaian melati oleh Bupati Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie.

“Kita semua bisa melihat sendiri, betapa luas potensi yang ada di beberapa kecamatan. Baik itu kerajinan tangan, makanan olahan dan kerajinan lain. Bahkan semua produk tersebut bisa dipromosikan lebih jauh lagi,” jelasnya.

Saidi juga mengatakan, produk UMKM yang dipamerkan ada yang diekspor ke luar negeri. Bupati juga mengharapkan peserta menggali potensi dan kreativitas sehingga produk lokal kita bisa lebih unggul dari daerah lain.

“Produk UMKM harus terus dibina agar bisa bersaing dengan daerah lain baik kemasan maupun kualitas. Saya juga berpesan kepada semua kafilah agar menjaga stamina, kesiapan mental, kedisiplinan serta kesehatan,” ucapnya.

BACA JUGA: Digelar 4 Agustus, Kesiapan MTQ Kabupaten Banjar Capai 90 Persen

Ditambahkan, Camat Gambut Ahmad Fauzan bahwa kegiatan pawai taaruf berjalan lancar dan sukses. Bahkan ia mengatakan sampai-sampai masyarakat berdesakan di pinggir jalan untuk menyaksikan.

“Alhamdulillah semua kegiatan pawai lancar dan sukses serta mendapatkan antusias baik dari peserta maupun masyarakat. Sementara itu terkait pemondokan kafilah, saat ini sudah siap seratus persen. Disiapkan 40 rumah terdiri tiga rumah untuk dewan hakim dan panitera, 37 rumah untuk kafilah,” jelasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Banjar, Ketua Umum LPTQ H Masruri, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Banjar, dan para Kepala SKPD Banjar.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.