Pemkab Tanbu Dorong Pertumbuhan UMKM Melalui Program Kemitraan dengan Perusahaan

0

PEMKAB Tanah Bumbu (Tanbu), menunjukkan komitmen mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

MELALUI kerjasama Dinas Penanaman dan Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), pemerintah telah menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan untuk mengembangkan sektor UMKM.

Mendorong partisipasi perusahaan dalam pengembangan UMKM, pemerintah daerah berharap perusahaan tersebut memberikan dukungan dan bantuan ke UMKM melalui program kemitraan.

BACA JUGA: Bupati Tanbu Pimpin Upacara Hari OTDA ke-XXVII dan Hardiknas Tahun 2023

Program dirancang untuk melibatkan usaha kecil maupun menengah dalam upaya mengembangkan potensi UMKM di Tanah Bumbu.

Pentingnya Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dalam mendorong pertumbuhan kabupaten dan ekonomi masyarakat sekitarnya.

LKPM merupakan instrumen untuk melacak dan memantau investasi yang dilakukan perusahaan dalam bentuk modal atau aset.

BACA JUGA: Bupati Tanbu Berikan Penghargaan Kepatuhan Publik ke Jajaran SKPD

Adanya LKPM yang akurat dan terkini, pemerintah dapat melihat perkembangan investasi dan dampaknya terhadap perekonomian daerah.

Tahun 2023 ini, Tanah Bumbu (Tanbu) telah menetapkan target menjalin kemitraan antara 200 UMKM dengan perusahaan.

Menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menciptakan iklim usaha yang inklusif dan berkelanjutan. Meningkatnya jumlah kemitraan antara perusahaan dan UMKM, dapat tercipta sinergi positif antara kedua belah pihak.

BACA JUGA: Bupati Tanbu Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023 Secara Virtual

UMKM di Tanah Bumbu mendapatkan dukungan dalam berbagai aspek, seperti pendampingan usaha, pelatihan keterampilan, akses ke pasar yang lebih luas, dan pendanaan.

Diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saingnya dan berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Kerjasama DPMPTSP dan perusahaan di wilayah Tanbu untuk mengembangkan UMKM, dan merupakan langkah positif pemerintah daerah dalam menciptakan ekosistem bisnis inklusif dan berkelanjutan. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.