Pendamping Pemutakhiran Data IDM Dikumpulkan

0

GUNA mewujudkan desa yang maju dan mandiri, maka diperlukan sebuah kerangka kerja pembangunan berkelanjutan. Dimana aspek sosial, ekonomi dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi, serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan warga.

KARENANYA disusunlah Indeks Desa Membangun (IDM), yang merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga variabel. Diantaranya yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

BACA: IDM Kalsel Meningkat Signifikan

IDM memotret perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-undang Desa dengan dukungan dana desa serta pendamping desa. IDM mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Pada Jum’at (5/3/2021), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu, mengumpulkan Tenaga Pendamping Profesional, baik di tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten.

Menurut Kepala Dinas PMD, Nahrul Fajeri kegiatan bertujuan untuk penyamaan persepsi dalam pemutakhiran data IDM yang berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa Tahun 2021.

BACA JUGA: Dinsos-PMD Genjot Pengembangan Indeks Desa Membangun di Wilayah Barut

Ada sebanyak 47 pendamping profesional yang diundang, yaitu 5 pendamping di tingkat kabupaten, 16 pendamping di tingkat kecamatan dan 31 pendamping di tingkat desa.

Diharapkan melalui kegiatan ini lanjut Nahrul, akan ditemukan formulasi yang tepat dalam pemutakhiran data tersebut. Sehingga arah kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa mampu menghasilkan pemerataan dan keadilan, guna mendukung SDGs Desa 2021.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.