150 KK Warga Desa Papar Pujung Terima BLT DD

0

DESA Papar Pujung Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahap pertama tahun Anggaran 2020, Jumat (27/ 2020).

KEPALA Desa Papar Pujung, Karim mengatakan pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT – DD ) Tahun Anggaran 2020 sesuai dengan pendataan dan kretaria yang dibantu oleh 35 orang relawan, ada 150 Kepala Keluarga (KK) yang berhak menerima mamfaat, yaitu 149 KK secara non tunai melalui buku rekening  dan 1 KK dibayar secara tunai.

Karim  berharap, kepada warganya yang benar benar mengunakan memamfaatkan  dana itu, sesuai dengan kebutuhan sehari hari. “kedepannya semoga penyebaran covid 19 ini, cepat berakhir agar warga kami bisa beraktivitas sebagaimana mestinya”, ucapnya.

Arbiano yang mewakili Camat Lahei Barat  menjelaskan kepada warga kenapa ada bantuan tunai dari dana desa, kalau dulu dana desa difokuskan untuk pemberdayaan pembangunan, saat ini Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) sebesar 30% dari dana desa yang ada.

Tujuan pengunaan dan sasarannya, untuk masyarakat miskin, bantuan ini untuk membantu ekonomi warga.  Kenapa tidak disalurkan sekaligus, untuk menghidari sikap konsumtif masyarakat, yang membelanjakan dalam jumlah banyak, memenuhi keinginan beli pakaian baju celana dengan mengabaikan kebutuhan beli makanan sehari hari, lebih baik memenuhi kebutuhan daripada keinginan.

Sementara Tenaga Pendamping Perencanaan Partisipasif Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Barito Utara, Indra Jaya yang turut hadir dalam penyaluran BLT DD Desa Papar Pujung menjelaskan untuk tindak lanjut penyaluran BLT DD untuk bulan Juli, Agustus dan Sepetember, sebesar Rp. 300.000,-Bulan.

Pada perubahan perdes musdesus dalam kegiatan, karena ada perubahan nilai nominal yang sebelumnya Rp.600.000,-/ bulan sedangkan untuk akan datang bulan Juli, Agustus Sepetmber Rp.300.000,- bulan. Dan untuk prosesnya penyalurannya seperti yang sudah dilaksanakan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.