Kemah Bela Negara Sajikan Wisata Alam Kalsel

0

KWARTIR Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka telah meninjau bumi perkemahan yang akan menjadi lokasi Bumi Perkemahan Kemah Bela Negara Nasional, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, yang digelar Juni 2020 mendatang.

PENINJAUAN Desa Kiram yang akan menjadi main camp, beserta beberapa sub camp, setelah dilakukan surve sejak 29 Januari lalu oleh Tim Komisi Bela Negara Kwarnas.

Andalan Nasional Bela Negara Kolonel Inf Soenarto mengapresiasi kesiapan Kwartir Daerah  Kalimantan Selatan (Kwarda Kalsel) akan lokasi perkemahan dan area ruang kegiatan terbuka bagi peserta Kemah Bela Negara ini.

“Untuk persiapan areal perkemahan dan kegiatan, saya rasa sudah 90 persen. Hanya saja, kita harus memperhatikan mobilisasi peserta nantinya dari main camp ke sub camp dan sebaliknya,” ucapnya kepada Wartawan di Banjarmasin, Kamis (30/1/2020).

Selain Desa Kiram yang akan menjadi bumi perkemahan, beberapa daerah juga akan dijadikan Sub Camp, antara lain Kecamatan Loksado (Kabupaten Hulu Sungi Selatan), Desa Lok Baintan (Kabupaten Bajar), Kecamatan Matang Keladan (Kabupaten Banjar), Kecamatan Tabunio (Kabupaten Tanah Laut).

BACA : Hj Raudatul Janah Tak Lelah Gaungkan Gerakan Pramuka Kalsel

“Beberapa kawasan telah dipilih untuk menampung 1.600 lebih peserta, selain Desa Kiram sebagai Main Camp. Di sana juga dilaksanakan kegiatan edukasi outdoor, wisata alam, dan lainnya,” terangnya.

Di beberapa tempat tersebut, lanjut Soenarto, ada lokasi-lokasi bersejarah perjuangan bangsa di Kalimantan. Antara lain situs-situs yang dapat diperbaiki, sehingga saat peserta datang berkunjung dapat menghayati bagian dari perjuangan bangsa.

“Kami ingin kegiatan bisa berkesan di hati peserta, dan Kalsel menjadi contoh bagi kegiatan berskala nasional yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian Kwarda Kalsel H Muhammad Rusli menyambut baik rencana event nasional yang digelar di Kalsel tahun ini.

Pemprov Kalsel, lanjutnya, siap memberikan sambutan sekaligus pembenahan secara umum, agar kegiatan kali ini bisa berkesan di hati peserta, sekaligus mengharumkan nama Kalsel.

“Selama 3 hari kami telah melakukan pematangan rencana dari persiapan kegiatan, survei bumi perkemahan dan subcamp, hingga perencanaan alur kegiatan untuk peserta Kemah Bela Negara,” katanya.

BACA JUGA : Ke Sebatik, Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel Siap Sukseskan Kemah Bela Negara Nasional

Disinggung tentang beberapa fasilitas yang akan digunakan dalam mendukung kegiatan tersebut, Muhammad Rusli mengaku telah melakukan koordinasi untuk kesiapan dukungan Pemprov Kalsel.

“Kami sambut baik kegiatan kali ini, dan Pemprov Kalsel siap mendukung sekaligus mensukseskan kegiatan ini,” ungkap Muhammad Rusli yang juga Kepala Biro Humas Pemprov Kalsel.

“Semua SKPD telah mendukung, dan ini adalah even nasional yang sangat penting. Dan rencana selanjutnya, kita akan melakukan simulasi tentang penanganan peserta, mobilitasnya, alur kegiatan dan dikoordinir langsung oleh Kwarda Kalsel,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.