Dinas Pertanian Pastikan Sapi Kurban di Barito Utara Bebas dari Penyakit

0

Dinas Pertanian Barito Utara memastikan hewan yang akan di jadikan kurban pada Idul Adha 1440 H nanti bebas dari segala penyakit.

KEPALA Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi  mengatakan, pihaknhya  sudah melakukan pemantauan dan melakukan pengawasan dibeberapa titik peternak sapi yang memang tiap tahun menjual sapi untuk hari raya kurban. “Hal itu dilakukannya untuk memastikan bahwa sapi atau hewan kurban lainnya aman jika di konsumsi masyarakat,” kata Setia Budi.

Dikatakannya, dari hasil pengawasan bidang peternakan di lapangan bahwa tidak ada sapi-sapi atau hewan kurban lainnya yang terindikasi mempunyai penyakit menular serta membahayakan manusia.

Hanya saja, kata dia, terkadang panitia hari raya kurban mendatangkan sapi dari luar daerah, sehari atau dua hari sebelum hari H. Sehingga, pihaknya sulit untuk memantau tingkat kesehatan sapi yang didatangkan dari luar daerah tersebut.

Menghadapi kondisi tersebut, dia menganjurkan masyarakat untuk melihat hati sapi tersebut. “Apabila sapi yang di kurban itu nantinya saat dibersihkan dan terdapat cacing pada hatinya, maka sebaiknya hatinya jangan dimakan,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.