Persit KCK Koorcab Rem PD VI/Mulawarman Sosialisasi Bahaya Kanker Serviks

0

KANKER serviks merupakan penyakit kanker dengan morbiditas tertinggi di Indonesia, dan setiap tahun terus mengalami peningkatan kasus baru serta kematian.

UPAYA paling efektif untuk menurunkan kasus kanker serviks, dapat dilakukan dengan deteksi dini pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA). Namun, kesadaran masyarakat, khususnya kelompok Wanita Usia Subur (WUS) untuk melakukan pemeriksaan IVA masih rendah.

Untuk itu perlu dilakukan upaya penyadaran kepada masyarakat melalui penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan pemeriksaan IVA.

Demikian juga yang dilakukan oleh Persit KCK Koorcab Rem 101 PD VI/Mulawarman bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kalsel, bertempat di Kodim 1007/Bamjarmasin, yang menggelar sosialisasi kanker serviks dan pemeriksaan IVA dalam rangka HUT ke-73 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2019, serta mengadakan sosialisasi kanker serviks dan pemeriksaan IVA gratis.

Dr Dewi Yuliani dari Dinas Kesehatan Kalsel menjelaskan, kanker serviks merupakan penyebab kematian nomor satu di tanah air pada perempuan hingga perlu diwaspadai. erlebih, seringkali, gejala baru muncul ketika telah memasuki fase stadium akhir.

Hadir dalam sosialisasi ini, Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 101 PD VI/Mularwarman, Ketua Persit Cabang 1007/Banjarmasin, pengurus Persit KCK Koorcab Rem 101 PD VI/Mulawarman, para ketua anak ranting titipan jajaran Koorcab Rem 101 PD VI/Mulawarman dan anggota persit sejajaran Korem 101/Antasari.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.