Pemilu 2019, Tiga Daerah di Kalsel Dianggap Rawan

0

BERDASARKAN evaluasi yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kalsel, ada tiga daerah yang dianggap memiliki kerawanan politik saat Pileg 2019 nanti. Tiga daerah tersebut, yakni Kotabaru, Kabupaten Banjar, serta Banjarmasin.

KETUA Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan mengatakan kerawanan tersebut terjadi karena geografis pada tiga wilayah tersebut cukup luas dan tidak sebanding dengan pengawas pemilu yang ada.

“Seperti Kotabaru, wilayahnya kepulauan dan tidak semuanya bisa diakses dengan jalur darat. Makanya daerah tersebut memiliki kerawanan yang paling tinggi,” kata Iwan seusai menghadiri pelantikan pengawas pemilu kecamatan Se-Kabupaten Banjar di Banjarbaru.

Oleh karena itu, lanjut dia, partisipasi masyarakat sangat penting dalam melakukan pengawasan di setiap tingkatan atau tahapan Pemilu 2019 yang akan datang mengingat jumlah pengawas yang terbatas.

“Kami juga akan melakukan kerjasama dengan semua pemangku kepentingan, seperti TNI, Polri, tokoh masyarakat dan lainnya. Namun yang tidak kalah penting adalah pengawasan yang partisipatif dari seluruh elemen masyarakat agar pemilu berjalan dengan jujur dan berkeadilan, serta demokratis,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis :  Asyikin

Editor   : Fahriza

Foto     : Wan Marley

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.