DPRD Dukung Disnakertranskop UKM dalam Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Lokal

0

ANGGOTA DPRD Kabupaten Barito Utara, Patih Herman AB mendukung upaya Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah setempat yang telah mengambil langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal.

DIKATAKAN Patih Herman, salah satu upaya yang telah dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal adalah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan operator alat berat seperti excavator, dump truck, tronton, driver sarana LV, dan operator komputer yang dilakukan oleh Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara.

“Program pelatihan berbasis advokasi dan kompetensi juga telah dilaksanakan untuk memberikan keterampilan teknis kepada peserta serta pengalaman praktis di lapangan,” kata Politisi Partai Demokrat Barito Utara ini.

BACA: Mastur: Upayakan Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Lokal

Selain itu kata anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Barito Utara ini, Dinas Nakertranskop UKM juga melaksanakan Program Pemagangan Dalam Negeri (PDN) yang tujuannya agar para peserta dapat memperoleh pengalaman kerja lebih praktis di perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupate Barito Utara.

Atink panggilan akrab Patih Herman AB juga mengatakan bahwa pihaknya (Disnakertranskop UKM-red) juta telah melakukan MoU perjanjian kerjasama dengan beberapa perusahaan yang beroperasi di daerah ini serta Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang memiliki sertifikasi sebagai penyelenggara pelatihan serta instruktur yang bersertifikat.

Dikatakannya juga upaya lainnya yang telah dilakukan oleh Dinsnakertranskop UKM adalah menyampaikan surat himbauan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di daerah ini untuk mengutamakan penyerapan atau rekrutmen tenaga kerja lokal yang tentunya tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA: Disnakertranskop UKM Barito Utara Kembali Buka Pelatihan Operator Alat Berat

Dan juga kata Patih Herman AB, selain pelatihan pihaknya juga telah melaksanakan pelatihan yang berbasis kepada masyarakat para pelaku UKM serta Koperasi, seperti pelatihan teknis budidaya ayam petelur, madu kelulut, komoditi jagung menjadi pakan ternak, perbengkelan roda dua, barbershop, tata rias salon, digitalisasi marketing, digitalisasi koperasi dan UMKM, kewirausahaan, dan lain-lain.

“Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan ini, sudah cukup banyak tenaga kerja lokal Kabupaten Barito Utara yang diserap oleh perusahaan dan badan usaha lainnya yang beroperasi di daerah ini,” kata Atink, Sabtu (5/10/2024).

Serta kata dia menciptakan usaha mandiri bagi masyarakat atau berwirausaha, sehingga berdampak dengan menurunnya Tingkat Pengangguran Terbuka, dan memberikan kontribusi positif terhadap upaya percepatan peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Barito Utara.(jejakrekam)

Penulis syarbani
Editor ahmad riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.