Gerakan S-BABS Sudah Menyasar 32 Kelurahan se Banjarmasin

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan, Selasa (1/10/2024).

DEKLARASI sekaligus penandatanganan ikrar oleh 10 kelurahan di Kota Banjarmasin, langsung disaksikan Walikota Ibnu Sina yang didampingi Sekdakot Ikhsan Budiman, Kadinkes Tabiun Huda, Ketua Forum Kota Sehat Fathurahman, beserta Kepala SKPD, Camat, Perusda dan Lurah terkait.

Adapun 10 kelurahan itu meliputi, Kelurahan Sungai Bilu, Pemurus Dalam, Pelambuan, Pangeran, Surgi Mufti, Teluk Dalam, Pemurus Luar, Pekapuran Laut, Telawang serta Karang Mekar. Sehingga menggenapi 32 kelurahan, yang telah ODF sejak Tahun 2020 lalu.

Ibnu Sina menyambut baik, deklarasi yang dilangsungkan oleh 10 Kelurahan di Lobi Balai Kota Banjarmasin ini. “Mudah-mudahan peran serta masyarakat di 32 kelurahan ini bisa terus saling mengawasi, menjaga agar tidak ada lagi yang membangun jamban di pinggir sungai,” ucapnya.

BACA: Sudah Capai 42 Persen, Tahun 2024 Banjarmasin Ditargetkan Capai ODF

Diketahui, ODF sendiri menjadi salah satu indikator dalam terciptanya pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang kini semakin digalakkan oleh Pemkot Banjarmasin.

Bahkan Pemkot menghadirkan inovasi teknologi tepat guna berupa Septitank Sungai Tripikon S Plus Subarwakat, yang dalam implementasinya mampu mengoptimalkan sistem pengolahan limbah tinja manusia yang lebih sehat, aman dan tidak tercemar bagi masyarakat maupun lingkungan, khususnya di pinggiran sungai dengan anggaran yang terjangkau.

“Konsep toilet komunal dari inovasi ini secara nominal memang sangat terjangkau. Kalau pakai biofilter itu kita perlu berkisar 8 jutaan, kalau ini (Subarwakat, red) hanya 3 jutaan 1 unitnya,” jelasnya

Menurutnya, masyarakat saat ini bisa lebih mudah dan efisien dengan berlangganan Perumda PAL Domestik untuk memastikan ketersediaan akses sanitasi. “Itu yang paling aman dan sederhana sebetulnya,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kesadaran masyarakat kita untuk tidak lagi BAB di sungai, BAB sembarangan itu semakin meningkat,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.