Bakesbangpol Tanbu Gelar Sosialisasi FKUB di Kecamatan Kuranji

0

PEMKAB Tanbu melalui Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) menggelar Road Show Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), di Aula Kecamatan Kuranji, Kamis (12/9/2024).

ROAD Show FKUB ajang bersosialisasi dan mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama yang dapat mendorong kerukunan dan toleransi di antara berbagai elemen masyarakat.

BACA JUGA: Sosialisasi FKUB Digelar Bakesbangpol Tanbu, Road Show Sungai Loban

Bupati HM Zairullah Azhar melalui Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuranji menghadiri kegiatan tersebut.

Di Kecamatan Kuranji terdapat banyak suku atau multi etnis di antaranya ada yang pemeluk agama islam, agama hindu, agama kristen protestan dan lainnya.

Kuranji menjadi kampung toleransi karena tidak pernah terjadi konflik dan perpecahan, baik antar suku, agama dan ras. Mereka semua hidup rukun damai dan berdampingan.

BACA JUGA: Launching Pelayanan KB Serentak Hari Kontrasepso se-Dunia di Tanbu

Apalagi menyongsong Pilkada 2024, para tokoh memiliki peranan di masyarakat. Sebab itu, peran masyarakat sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman pelaksanaan Pilkada sesuai peraturan dan perundangan-undangan.

4 ancaman Pilkada yaitu mewaspadai politik identitas dan sara, politik uang, netralitas ASN dan ujaran kebencian serta dis informasi.

Strategi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dalam mewujudkan Pilkada aman dan damai yaitu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Menekan sentimen perbedaan agama ataupun aliran, mempromosikan modernisasi beragama, menolak ekstremisme beragama.

BACA JUGA: Tanbu Juarai Lomba, Hj Wahyu Windarti Beri Apresias

Selain itu, penting dalam menguatkan fatsoen politik yang mengacu pada (suatu proses atau aktifitas politik yang mengandung asa-asas etika keadaban, tatakrama) di kalangan umat beragama dan mengedepankan mediasi dalam penyelesaian masalah. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.