Komcad Di Kalsel Penyangga Pertahanan Untuk IKN

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TA 2024, Rabu (11/9/2024).

UPACARA yang dilaksanakan di Lapangan Murdjani, Kota Banjarbaru ini, juga dihadiri Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Mayor Jenderal TNI Piek Budyakto; Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana; dan Komandan Resor Militer 101/Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto.

Lalu, ada juga kehadiran Dandim 1006/Banjar, Letkol (Kav) Zulkifer Sembiring; Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dan jajaran Forkopimda Kalsel lainnya. Acara pada siang itu, juga dimeriahkan oleh penampilan drumband bertajuk Genderang Suling Canka Lokananta, dari Taruna Akademi Militer TNI AD.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad), Mayjen TNI Tandyo Budi Revita yang memimpin apel, membacakan sambutan Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto.

BACA: Hadiri Pembukaan Latsar KOMCAD Pertahanan Negara, Ini Harapan Ketua DPRD Kalsel

“Salam hormat dan salam terbaik buat anggota TNI AD di wilayah Kalimantan Selatan. Saudara-saudara harus bisa menempatkan diri saat bertugas, aturan pun harus dijalankan. Dan mampu menjaga ketahanan daerahnya sendiri,” ucap Wakasad Mayjen TNI, Tandyo Budi Revita dari atas podium.

Menurut Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, bahwa Kalimantan Selatan menjadi penyangga pertahanan untuk Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Hal itu menjadi dasar dalam upacara ini, pihaknya menekankan agar memperkuat kemampuan anggota TNI AD dalam segala medannya.

Tentu saja, TNI menginginkan sejumlah anggota militer di daerah dapat meningkatkan kedisiplinan, tanggungjawab, loyalitas dan dedikasi dalam kepemimpinannya. “Jadi prajurit sejati dalam memperkuat ketahanan daerah. Dan saat ini komponen ketahanan daerah harus ditingkatkan melalui pengetahuan dan pelatihan agar bisa membuktikan bahwa negara kita kuat,” tegas Mayjen TNI Tandyo Budi Revita itu.

Terakhir, Wakasad berpesan agar anggota militer daerah dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kemudian mampu menebarkan nilai-nilai kenegaraan. “Teruslah belajar dan berbuat terbaik, karena tantangan ke depan. Tidak ringan untuk dilewati, junjung tinggi kehormatanmu sebagai anggota prajurit militer. Semoga dengan adanya kolaborasi antar aparat TNI/Polri, pemerintah dan masyarakat maka diharapkan makin kuat ketahanan rakyat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.