TP PKK Kotabaru Evaluasi Desa Lokus TPK2D di Desa Pondok Labu

0

KETUA Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar bersama Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Kotabaru melakukan monitoring evaluasi awal dan Kunjungan Kerja Program Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah, di Desa Pondok Labu Kecamatan Pamukan Selatan yang merupakan desa lokus binaan TPK2D Kotabaru Tahun 2024.

KEGIATAN ini bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan untuk sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas demi tercapainya ketahanan keluarga yang baik secara fisik, ekonomi, sosial dan budaya.

Ketua TP PKK Kotabaru bersama rombongan disambut langsung dengan barisan anak-anak Sekolah Dasar dan marching band dan persembahan pencak silat.

Adapun pembinaan PK2D ini sejalan dengan Misi Bupati Kotabaru yaitu, Meningkatkan Kualitas Masyarakat yang religius, Lebih Sehat, Cerdas dan Kreatif serta Terampil.

Pembinaan ini juga bertujuan untuk melihat langsung kondisi kualitas keluarga dan indeks ketahanan keluarga di Desa Pondok Labu serta sejauh mana permasalahan yang telah ditindaklanjuti oleh Tim PK2D Kotabaru. Serta  memberikan ruang dan manfaat kepada masyarakat untuk mandiri menuju upaya peningkatan kualitas keluarga dalam bentuk pemanfaatan seluruh potensi masyarakat yang di fasilitasi oleh SKPD yang terkait.

Ketua TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar dalam pembinaan tersebut menjelaskan,  Desa Pondok Labu merupakan Desa ke-4 dari 5 Desa yang di tunjuk Bupati Kotabaru untuk menjadi Lokus Program Peningkatan Kualitas Keluarga Kabupaten Keluarga yang telah berlangsung selama 8 bulan dan akan di evaluasi Tim Provinsi bulan Oktober mendatang.

“Dengan adanya program ini Pemerintah Desa dan masyarakat dapat terus mendorong diri menjadi desa yang lebih baik lagi,  sejahtera dan mempunyai ketahanan. Sehingga usaha yang telah diperjuangkan dapat membuahkan hasil bagi masyarakat dan pemerintah setempat,” jelasnya.

Tambahnya, ada 19 SKPD yang masuk dalam Tim PK2D Kotabaru yang memiliki peran dan fungsi masing-masing  dengan landasan utama program ini adalah terbentuknya Kelompok Dasawisma.

“Melalui kelompok ini warga masyarakat dapat memetakan keadaan desanya sekaligus menjadi pilar pembangunan desa,” ucapnya.

Selain itu, Ketua TP.PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar juga berharap, kegiatan ini merupakan awal dalam gebrakan baru untuk Desa Pondok Labu makin sejahtera.

“Saya berharap, Program PK2D ini tidak hanya seremonial saja, tetapi merupakan awal dari gerakan perubahan yang berkelanjutan dalam menata dan membangun desa, diperlukan kesadaran dan gotong rotong semua pihak untuk menciptakan tatanan masyarakat yang berkelanjutan dan seluruh masyrakat Desa Pondok Labu,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pamukan Selatan, Akhyar Maulana, menjelaskan kegiatan PK2D di Desa Pondok Labu sudah berjalan 75 persen.

“Selamat datang Ketua TP PKK Kotabaru bersama rombongan di desa yang paling jauh dan terpencil dengan membawa semanat baru untuk kami, dimana ini sebagai rasa tanggung jawab dan pedulinya Ketua TP PKK Kotabaru dalam program PK2D yang sudah berjalan dari bulan Februari dan sudah mencapai 75 persen. Dimana kegiatan ini sangat berdampak sekali pada pembangunan di Desa Pondok Labu,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas PPPAPPKB Kotabaru Sri Sulistyani memaparkan, kegiatan ini berjalan sesuai dengan apa yang diperlukan Desa Pondok Labu.

“Hari ini kita melaksanakan monitoring awal dan nanti ada monitoring tahap akhir oleh Tim Provinsi dengan harapan Predikat terbaik selama ini dapat terus dipertahankan khsususnya untuk Desa Pondok Labu yang termasuk dari 5 desa yang diprioritaskan Bupati Kotabaru,” paparnya.

Ketua TP.PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar juga dilantik menjadi Bunda Literasi oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotabaru Helmi Rahmadi, sekaligus menyerahkan buku-buku pustaka perpustakaan.

Ketua TP. PKK Kotabaru yang baru saja dilantik menjadi Bunda Literasi langsung meninjau kegiatan Layanan bercerita anak dengan menghadirkan Pendogeng yang menghibur anak-anak setempat.

Masih dalam kegiatan tersebut Ketua TP. PKK Kotabaru didampingi Kepala Dinas PPPAPPKB Kotabaru, Camat Pamukan Selatan, dan Kepala Desa Pondok Labu  juga melakukan Pencanangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang ditandai dengan Penarikan Tirai.

Dalam kegiatan tersebut juga ada penyerahan secara simbolis papan Sekretariat  Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Dan launching Perdes pencegahan perkawinam anak dari Duta Perlindungam perempuam dan anak ke Ketua PATBM.

Selain itu, kegiatan tersebut, Ketua TP. PKK Kotabaru bersama Dinas terkait juga memberikan bantuan berupa, peralatan home industry dari DPPPAPPKB kepada kelompok Sambung Bolum, kelompok Sharon Crafs dan kelompok Pawon Mama Jawa, Dinas Perikanan Hibahkan sarpas budidaya ikan tawar kepada kelompok Esa Petak sebesar 30 juta,  Dinas Kesehatan menyerahkan secara simbolis PMT anak stunting, ibu hamil dan remaja putri, Disparpora alat-alat olahraha, Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kotabaru tahun ini merealisasikan bantuan bedah rumah  70 unit secara bertahap dengan secara simbolis menyerahkan plakat bantuan

Sedangkan untuk Desa Pondok Labu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian berikan bantuan kegiatan  pengembangan sayuran dan bantuan alat pengolah tanah kepada kelompok Tani Luan Taun Desa Pondok Labu sebanyak 1 paket.

Kemudian Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru bersama rombongan meninjau langsung kegiatan PK2D yaitu, pelayanan  kesehatan gratis kemudian ke stand pusling, bazzar UMKM 2 Kecamatan ( Kecamatan Pamukan Selatan dan Kecamatan Pamukan Utara), serta kegiatan pangan murah untuk masyarakat sekitar.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.