Meriahkah HUT Kemerdekaan, Ribuan Peserta Ikuti Karnaval di Kotabaru

0

DALAM rangka memeriahkan Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, Pemkab Kotabaru menggelar Karnaval 17 Agustus 2024 dengan menampilkan berbagai busana menarik, atraksi dan miniatur Pembangunan Kotabaru serta puluhan kendaraan hias, Minggu (18/8/2024).

KARNAVAL ini diikuti ribuan peserta yang terdiri dari klompok pelajar dari tingkat, Sekolah Dasar sebanyak  29 peserta, SLTP 13 peserta, SLTA 5 peserta dan Mahasiswa sebanyak 1 peserta serta barisan mobil hias dari 28 SKPD  juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Rute Karnaval diawali Start Siring Laut (Jalan Pangeran Indrakusuma Negara) – Jalan H. Agussalim- Jalan Sukmaraga- Jalan Patmaraga– Jalan Diponegoro – Jalan Pangeran Hidayat – Jalan Suryagandamana (Taman Kota) – Putri Ciptasari (Pasar limbur raya)– Finish Seewalk Siring Laut (Jalan Pangeran Indra Kusuma Jaya).

Kegiatan  karnaval 17-an pada tanggal 18 Agustus 2024 ini dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke- 79 Kemerdekaan RI ini dihadiri Wakil Bupati Kotabaru, Forkopimda Kotabaru, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua TP. PKK Kotabaru, Ketua DWP Kotabaru,  Ketua GOW, SKPD, Camat Pulau Laut Utara dan Camat Pulau Laut Sigam.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan  Kesra Setda Kotabaru dalam melepas kegiatan Karnaval 17-an ini  untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan  RI ke- 79 juga untuk menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap Bangsa dan Negara, disamping itu juga sebagai momentum silaturahmi untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. Dengan mengangkat tema ” Sewindu Pembangunan Kabupaten Kotabaru dengan Semarak Budaya Nusantara serta Semangat Memerdekaan dan  Perjuanagan”.

Salah satu penonton Evan mengungkapkan karnaval 17 Agustus ini menandakan kita menghargai perjuangan para pahlawan yang dengan gigih memperjuangkan Indonesia, dan sebagai penerus kemerdekaan dapat mengisi kemerdekaan dengan turut berperan aktif dalam pembangunan yang dilandasi rasa nasionalisme dan patriotisme.

“Karnaval 17-an ini bukti Semangat nasionalisme dan patriotisme yang harus senantiasa menjadi jiwa seluruh Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan, khususnya para pemuda seperti kami sebagai generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Pawai Karnaval ini juga menjadi salah satu daya tarik masyarakat, dimana penonton memadati jalan yang dilintasi oleh para peserta yang ditambah dengan antusias masyarakat dalam menyaksikan berbagai macam karya seni dan atraksi yang ditampilkan dalam karnaval tersebut.

Para peserta pawai karnaval tersebut juga nampak antusias dan penuh semangat saat berjalan menempuh rute yang telah ditentukan panitia, dengan beragam busana menarik dan kreatif mereka sajikan.

Dalam karnaval 17-an ini, berbagai macam pembangunan baik dari segi Pariwisata maupun Religius yang banyak membawa perubahan di Kabupaten Kotabaru dibawah Kepemimpinan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH ditampilkan seperti miniatur Kapal Apung Pesiar Syaidina Jaf’ar, Gunung Mamake dan banyak lagi.

Tika salah satu penonton dari Desa Semayap Gg. Srikandi merasa sangat bangga dengan banyaknya perubahan yang signifikan di Kabupaten Kotabaru yang banyak ditampilkan dalam kegiatan karnaval 17- an tersebut.

“Selama dibawah kepemimpinan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH Kabupaten Kotabaru lebih  berwarna, megah serta indah salah satunya dengan adanya Air Mancur Warna-warni di Obyek Wisata Siring Laut, dan banyak lagi. Apa lagi saat ini Pemerintah Kabupaten Kotabaru lagi gencar-gencarnya mempromosikan Wisata, dan melalui karnaval 17 Agustus ini selain kita memeriahkan Peringatan HUT ke- 79 Kemerdekaan RI juga dapat menampilkan berbagai macam kemajuan di Kabupaten Kotabaru termasuk mempromosikan wisata yang ada di Kota tercinta kita ini,” jelasnya.

Perlu diketahui, dari 28 SKPD termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru yang di Pimpin langsung oleh Gusti Abdul Wakhid, S. STP,. MM bersama jajarannya ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan menampilkan atraksi tarian kreasi khas Papua dengan diiringi lagu Sajojo. Dengan adanya penampilan ini menandakan Kebhineka Tunggal Ikaan Indonesia yang kaya akan keragaman adat, suku dan budaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru juga menyerahkan Buket sebagai tanda kehormatan yang diterima langsung oleh Ketua TP. PKK dan Ketua DWP Kotabaru.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.