PT Pelindo Bersama DLH Tanam Ratusan Pohon Di Sejumlah Titik

0

SAMBUT hari kemerdekaan dengan gerakan menghijaukan lingkungan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) lakukan giat penanaman pohon bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, di RTH Kamboja, Rabu (14/8/2024).

SUGIONO, selaku Sub Regional Head R Kalimantan Pelindo menuturkan, kegiatan tanam pohon ini selain dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-79, juga merupakan program dari Pelindo sendiri. “Yakni program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Atau kalau disebut ini adalah CSR,” ucapnya.

“Penanaman di RTH Kamboja bersama DLH ini juga untuk mewujudkan ruang terbuka hijau di Banjarmasin,” tambahnya.

BACA: Gandeng Mahasiswa, Pelindo Sub Regional Kalimantan Salurkan Program Pelita

Dia juga menambahkan, penanaman pohon ini tak hanya dilakukan di Banjarmasin saja. Namun dilakukan di seluruh daerah tugas Pelindo, baik dari Sabang hingga Merauke. “Ini adalah wujud ikut peduli kita pada lingkungan, khususnya pada gerakan penanaman pohon,” ujarnya.

Jumlah pohon yang ditanam sendiri, dilanjutkan Sugiono di seluruh Indonesia ada sebanyak 7.900 an pohon. Dan untuk Banjarmasin ada 395 pohon.

Pohon yang ditanam pun menyesuaikan dengan endemik masing-masing daerah. Di Banjarmasin contohnya seperti Pohon Ulin, dan Pohon Rambai Padi.

BACA JUGA: Ramadan, Pelindo Sub Regional 3 Kalimantan Tebar Bantuan untuk Masyarakat  

Sementara itu, Kepala DLH Kota Banjarmasin, Alive Yosfah Love mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kegiatan penanaman pohon dari Pelindo ini.

Dirinya pun berharap tidak hanya Pelindo saja yang ikut turut merawat lingkungan di Banjarmasin, namun nanti pihak lain juga bisa bergabung untuk menghijaukan lahan di Kota Seribu Sungai ini.

Karena dikatakan Alive, luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Banjarmasin masih terbilang minim. Dari 98 ribu km² luasan kota, baru 3 persen saja yang baru terpenuhi. Dari kebutuhan seharusnya 30 persen. “Jadi Banjarmasin perlu luasan-luasan lagi untuk dihijaukan. Ini agar Banjarmasin asri dan nyaman,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan perusahaan lain yang ada berinvestasi di Banjarmasin bisa juga melakukan hal yang sama,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.