Meriahkan Opening Ceremony Porwanas ke XIV, 75 Penari Bawakan Tarian Khas Banjar

0

PERSIAPAN Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Kalsel terus dimatangkan, termasuk persiapan opening ceremony, di Gelora Paman Birin, Banjarbaru 20 Agustus mendatang.

DALAM opening ceremony ada 75 penari yang tergabung dalam Excelcor Dance Project, Sanggar Ayu Putri, Banyiur Talent Management Project, serta mahasiswa ULM. Mereka tampil membawakan tarian khas daerah Banjar, mengangkat unsur budaya, wisata dan adat istiadat.

Koreografi Ferdi Irawan mengatakan, 75 penari sekarang terus berlatih di Taman Budaya Banjarmasin untuk menjiwai koreografi dan menghafal setiap gerakan.

BACA : Sambut Kontingen dari Berbagai Daerah, Ikasba Kalsel Siap Kawal Porwanas

“Ada tiga destinasi wisata yang dikisahkan dalam alur tarian, seperti Pasar Terapung, Pendulangan Intan, hingga Geopark Meratus,” katanya, Selasa (13/8/2024).

Ferdi menambahkan, para penari akan mengenakan pakaian kedaerahan, seperti kain balian, tapih jarik, hingga pakaian khas pedalaman Meratus, Lanjutnya. Ada hal-hal menarik yang mereka lakukan saat pertunjukan nanti, namun masih belum bisa dusampaikan.

BACA JUGA :  Sukseskan Porwanas, Dispersip Kalsel Siapkan Halaman dan Aula untuk Venue Pertandingan

“Tarian ini menceritakan seorang wartawan yang datang ke Pasar Terapung, lalu berkenalan dengan seorang wanita asal sana, lalu mereka berjalan jalan ke Geopark Meratus, sampailah ke pendulangan intan,” imbuhnya.

Para peserta Porwanas XIV Kalsel nantinya akan dihibur kurang lebih 15 menit dengan perpaduan musik japin, panting, serta Gamelan Banjar.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.