Kabupaten Barito Utara Terima Penghargaan UI Green City Matric 2024

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Utara melaui Penjabat Bupati Muhlis didampingi unsur kepala perangkat daerah, menerima penghargaan bergengsi UI Green City Matric ke-14 Tahun 2024, yang diadakan oleh Universitan Indonesia (UI), Kamis (8/7/2024).

KEPALA UI Green City Matric, Prof Riri Fitri Sari dalam laporannya menyampaikan, bahwa UI Green City Metric merupakan pemeringkatan kabupaten/kota berkelanjutan di Indonesia, dengan standar internasional.

Pemeringkatan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota agar melakukan transformasi menuju kabupaten dan kota berkelanjutan. Dengan menggunakan metrik yang terukur, serta sebagai forum untuk saling belajar, dan berbagi pengalaman di antara pemerintah kabupaten dan kota.

BACA: 74 Tahun Kabupaten Barito Utara, Banyak Capaian Yang Sudah Diraih

Dilaporkan pula, bahwa sepuluh kota dan kabupaten paling berkelanjutan berdasarkan peringkat, yaitu Kota Kediri, Madiun, Blitar, Semarang, Pariaman, Banjarbaru, Salatiga, Medan, Jambi, dan Kabupaten Wonogiri.

Kabupaten Wonogiri disebut terbaik untuk indikator energi dan perubahan iklim, dan Kota Parepare terbaik dalam tata kelola limbah. Sementara Kabupaten Barito Utara, juga disebut sebagai kabupaten yang paling berkelanjutan untuk tata kelola air. Kota Kediri unggul pada akses dan mobilitas, dan Kota Madiun terbaik di bidang tata pamong.

“Pemeringkatan UI Green City Metric didasarkan pada enam indikator, yakni penataan ruang dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, tata kelola sampah dan limbah, tata kelola air, akses dan mobilitas, serta tata pamong/governance. Tahun ini, UI Green City Metric menambahkan indikator baru, terkait penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di setiap kategori UI Green City Metric. Tujuannya adalah, untuk mendorong penggunaan teknologi, dalam mendukung program keberlanjutan di masing-masing daerah,” tutup Riri Fitri Sari.

BACA JUGA: Barito Utara 5 Besar Pendidikan Iptek Di Kalteng

Sementara itu, Penjabat Bupati Muhlis dengan penuh rasa syukur dan bangga terhadap capaian-capaian yang telah di terima oleh Pemerintah Barito Utara, salah satunya adalah penghargaan UI Green City Matric ini.

Beliau menyebut, Kabupaten Barito Utara mendapatkan penghargaan kabupaten/kota yang paling berkelanjutan untuk tata kelola air ini, merupakan wujud konsistensi pemerintah daerah, dalam membangun daerah secara berkelanjutan, dan melaluii inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan jaman.

Pj Bupati Muhlis menambahkan, bahwa Kabupaten Barito Utara, merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, yang menerima penghargaan bergengsi UI Green City Matric Tahun 2024. Ini merupakan salah satu bukti nyata komitmen Pemerintah Barito Utara dalam proses membangun daerah berkelanjutan.

“Penghargaan yang diberikan oleh Universitas Indonesia dalam ajang UI Green City Matric, merupakan salah satu capaian atau keberhasilan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, bersama steakholder terkait lainnya, dalam membangun daerah kita secara berkelanjutan. Saya harap penghargaan ini dapat menjadi pemicu semangat kita, untuk terus melangkah dalam membangun daerah kita secara berkelanjutan,” tutup Muhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.