Gubernur Kalsel Raih Penghargaan Universal Health Coverage Award 2024

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2024, di Jakarta, pada Kamis (8/8/2024).

DIDAMPINGI Hj Raudatul Jannah selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Paman Birin menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin.

Acara penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage, dengan tema ‘Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia’ di Krakatau Grand Ballroom, Jakarta. Dirasakan sebagai bentuk hadiah bagi masyakarat Banua, di momentum peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74.

BACA: Paman Birin Terima Penghargaan Dari IKJ, Dedikasi Terhadap Dunia Seni Peran Di Kalsel

Usai menerima penghargaan, Paman Birin menyebut penghargaan yang dirinya terima ini adalah hadiah bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang telah bersama-sama turut berkontribusi dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Banua.

“Ini penghargaan yang luar biasa dan sebuah persembahan untuk rakyat Kalimantan Selatan sebagai hadiah hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74. Selamat dan terimakasih kepada masyarakat Banua,” ucap Paman Birin.

Paman Birin pun berharap, melalui penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk ikut mendaftarkan ke persertaannya menjadi bagian dari program JKN-KIS. “Seperti apa yang disampaikan oleh Wakil Presiden tadi, semoga ini dapat memotivasi kita semua dalam mendukung program JKN-KIS sehingga cakupan kita bisa mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif dan bermutu tanpa adanya hambatan financial.

“Di Indonesia diwujudkan melalui program JKN- KIS. Yang pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, Kementerian, Lembaga dan seluruh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

BACA JUGA: Paman Birin Terima Penghargaan Peduli Insan Pers Banua

Wapres Ma’ruf Amin berharap, provinsi dan kabupaten/kota yang menerima penghargaan hari ini telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan JKN-KIS 95 persen dari total penduduk

“Mari sama-sama kita dukung optimalisasi pelaksanaan program JKN-KIS dengan layanan yang terjangkau, berkualitas dan merata untuk masyarakat dengan perluas jangkauan kesehatan sampai 100 persen, libatkan tokoh masyarakat dan agama dalam mensosialisasikan program JKN-KIS,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan penghargaan UHC kepada 33 provinsi, 96 kota dan 364 kabupaten, dengan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendi serta President International Social Security Association (ISSA) Mohammed Azman.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.