Bersama Anak-anak Anak Banua, Paman Birin Dan Acil Odah Peringati Hari Anak Nasional

0

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah membuka acara Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024, di Gedung Auditorium Idham Chalid, Kota Banjarbaru, pada Rabu (31/7/2024).

PASANGAN yang akrab disapa dengan Paman Birin dan Acil Odah ini, menyaksikan penampilan tari oleh sejumlah anak dengan berpakaian adat Dayak. Kemudian disusul pertunjukan parade Forum Anak Daerah (FAD) se-Kalimantan Selatan, yang tampil dengan ciri khasnya masing-masing, serta keunikan seragam daerah yang beragam dengan kekayaan budaya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Kalsel, pimpinan perwakilan instansi vertikal seperti Kemenkumhan Kalsel, Polda Kalsel, Korem 101/Antasari, Bank Kalsel dan pimpinan SKPD Pemprov Kalsel, serta anggota tim penggerak PKK se-Kalsel.

Peringatan hari anak nasional ini, juga diramaikan oleh para siswa sekolah di tingkat PAUD, SD, SMP hingga SMA.

BACA: Dibuka Presiden dan Ibu Negara, Acil Odah Hadiri Peringatan HAN ke-40 di Papua

Pada Momentum itu, Paman Birin menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada anak binaan LPKA Kelas 1 Martapura sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel terhadap pemenuhan hak anak non diskriminasi.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan bahwa, setiap anak memiliki hak yang setara sebagai individu tanpa diskriminasi. Dalam hal itu, Paman Birin menyebut ada 4 pilar dalam aspek anak yaitu kelangsungan hidup, perlindungan, tumbuh kembang dan partisipasi.

“Hari Anak Nasional menjadi momentum bagi kita semua. Untuk meningkatkan kesadaran dalam pemenuhan hak anak-anak kita,” ungkap Paman Birin.

Menurut Paman Birin, peranan untuk anak tak hanya dibebani kepada satu pihak saja, tetapi ditunjukkan untuk semua baik itu orangtuanya, guru, pemangku kebijakan serta pegiat komunitas di daerah. Baginya, pemenuhan kebutuhan anak harus merata dan berlandaskan keadilan agar menjadi generasi yang unggul.

BACA JUGA: Gelar Festival Anak Daerah untuk Meriahkan Hari Anak Nasional di Tanbu

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalimantan Selatan, Sri Mawarni menceritakan, Tahun 2023 yang lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan pernah menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.

Lalu Mawarni menyebut, semua kabupaten/kota di Kalsel telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA), sehingga Provinsi Kalimantan Selatan memperoleh peringkat Provinsi Layak Anak (Provila) 2023 yang juga menjadi satu-satunya di Pulau Kalimantan.

“Dan saya laporkan juga, hasil Studi Status Gizi Indonesia (SDGI) di 2022 lalu, Provinsi Kalsel berhasil menurunkan prevelensi stunting dari angka 30 persen menjadi 24,6 persen, atau terjadi penurunan sebesar 5,4 persen. Tahun 2023, kembali mengalami penurunan 1 persen,” beber Sri Mawarni.

BACA LAGI: Membanggakan, Anak Supir Truk di Kotabaru Lolos Paskibraka Tingkat Nasional

Terakhir, Mawarni bersyukur bahwa pada Tahun 2023 untuk angka pernikahan anak sudah mengalami penurunan hingga mencapai 8,74 persen dibandingkan dengan Tahun 2022 dengan angka 10,53 persen. Hal ini, menurutnya menjadikan Provinsi Kalimantan Selatan menduduki Peringkat ke-13 secara Nasional.

“Sehingga adanya Forum Anak Daerah ini dapat mencegah terjadinya pernikahan dini, serta mengedukasi anak-anak daerah lainnya. Dan sebagai upaya untuk menurunkan angka stunting di daerah,” harapnya.

Mawarni juga mengucapkan tanda terimakasih kepada Paman Birin dan Acil Odah atas dukungan serta mendorong FAD selama ini. Tentu, baginya langkah itu menjadi pelecut semangat dalam menciptakan generasi emas di 2045.

Kegiatan ini didukung oleh sejumlah lembaga dan komunitas yaitu Gramedia, Bersama Lindungi Anak (Berlian), Pelindo, AGM dan sebagainya. Sederet stand juga ditampilkan untuk dinikmati anak-anak Banua.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.