Jalan Sehat di Guntung Manggis, Walikota Banjarbaru Berikan Hadiah Bagi Warga yang Terbanyak Kumpulkan Sampah

0

SEMARAKKAN Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Kelurahan Guntung Manggis Kota Banjarbaru menghelat jalan sehat dan pembagian doorprize kepada masyarakat Guntung Manggis, Sabtu (19/8/2023).

DILEPAS secara langsung oleh Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, nampak ribuan masyarakat Guntung Manggis antusias mengikuti jalan sehat tersebut. Apalagi ketika Walikota Banjarbaru Aditya menyampaikan bagi masyarakat yang selama mengikuti jalan sehat tersebut berhasil mengumpulkan sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

“Tujuan jalan sehat ini selain merekatkan persatuan dan untuk kesehatan, kita juga memberikan penyemangat kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” ucap orang nomor satu di Kota Idaman.

BACA : Siagakan Seluruh Aparat, Walikota Banjarbaru Pimpin Apel Siaga Karhutla

Karena menurutnya Ovie -sapaan akrabnya-, jalan sehat ini dapat merekatkan kembali rasa persaudaraan antar warga Banjarbaru dan sekitarnya.

“Dengan begitu kami harapkan agar Banjarbaru menjadi lebih baik lagi dan Banjarbaru Juara, karena modal dasar dalam pembangunan adalah persatuan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ovie memaknai dan merefleksikan sebuah kemerdekaan sebagai kebebasan. Dalam artian, seseorang dapat melakukan aktivitas secara bebas, namun tidak melupakan jati diri sebagai warga Negara Republik Indonesia.

Sementara itu, Lurah Guntung Manggis, Zikru Rakhman mensyukuri adanyak kegiatan jalan sehat bersama warganya dalam rangka memeriahkan kemerdekaan RI ke-78 tahun.

BACA JUGA : Korban Kebakaran Di Kelurahan Loktabat Mendapat Bantuan Dari Walikota Banjarbaru

Hal ini tak lupa pula sebagai bentuk syukuran untuk merayakan keberhasilan pencapaian dan penghargaan diberikan oleh pemerintah kota, provinsi hingga terakhir pada acara Temu Karya Nasional Desa Kelurahan Tahun 2023 oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementrian Dalam Negeri.

“Akhirnya, tahun ini kelurahan Guntung Manggis mendapat penghargaan Nasional itu dalam kategori lomba Desa Kelurahan terbaik di Kemendagri RI,” ungkap Zikru.

Disinggung perihal hadiah yang diberikan langsung oleh Walikota Banjarbaru untuk warganya yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak selama kegiatan jalam sehat berlangsung, Zikru menuturkan di era kepemimpinan Aditya pembenahan sampah turut menjadi atensi pemerintah kota yang tak ditinggalkan.

“Alhamdulillah pa walikota selalu mengingatkan untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Apalagi kita ketahui pasca ditetapkannya Banjarbaru sebagai Ibukota Kalsel . Penduduk Banjarbaru semakin padat, contohnya saja di Kelurahan Guntung Manggis yang kini berjumlah 3300 jiwa. Dengan aksi mengumpulkan sampah tersebut, masing-masing warga bisa membersihkan banyak sampah dilingkungannya,” ucapnya.

Sehingga, Zikru berharap pembenahan sampah di ibukota Kalsel ini tidak hanya dibebankan ke pemerintah, melainkan masyarakat dapat menjaga lingkungannya sendiri.

“Kita tentunya merasa terbantu apalagi dapat bantuan langsung ihwal pengangkutan sampah, yaitu unit motor roda tiga,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.