B’Safe Ditutup, Ibnu Sina: Berpotensi Dibuka Kembali dengan Konsep Baru

0

RANGKAIAN Hari Jadi (Harjad) Ke 498-Kota Banjarmasin berakhir, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Disperdagin pun melaksanakan Penutupan ‘BAIMAN’ Street Food Festival (B’Safe).

KEGIATAN B’Safe di lahan parkir Pasar Sudimampir jalan Hasanuddin HM itu, ditutup Walikota Ibnu Sina didampingi Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar dan sejumlah Kepala SKPD, Camat, Lurah serta jajaran terkait, Senin (30/9/2024) malam.

Walikota Ibnu Sina mengungkapkan kegembiraannya, atas kesuksesan revitalisasi Pasar Sudimampir (Baiman Street Food) yang berlangsung meriah di tengah masyarakat.

Ia menyatakan, bahwa kegiatan tersebut dirancang sejak lama, meski sempat tertunda akibat berbagai dinamika. “Pertama, ini sangat menggembirakan, karena kegiatan yang memang kita rancang dari awal dan sempat tertunda, ternyata bisa berjalan dengan baik. Saya apresiasi secara khusus kepada Disperdagin Kota Banjarmasin beserta seluruh jajaran,” ujarnya.

BACA: Banjarmasin B-Safe Diharapkan Bisa Menjadi Wajah Baru Pasar Sudimampir

Ibnu juga menambahkan, bahwa antusiasme masyarakat dan pelaku UMKM sangat tinggi, tidak hanya dari Banjarmasin, tetapi juga dari luar kota dan provinsi tetangga.

Dirinya menyebutkan, meskipun sempat mengalami penurunan pengunjung di pekan kedua, pasar kembali ramai di akhir pekan, menunjukkan potensi besar untuk kegiatan ekonomi lokal.

“Tadi ada usulan yang cukup konkret, karena mereka minta minimal kalau tidak bisa sebulan, setidaknya di akhir pekan saja. Penjualan di sini sangat bagus dan bisa meningkatkan pendapatan UMKM. Mudah-mudahan ini juga menjadi salah satu pilihan kuliner baru di Banjarmasin,” jelasnya.

Pasar Sudimampir yang sudah dikenal masyarakat sebagai pasar siang, kini juga mampu menarik pengunjung di malam hari, membuka peluang baru bagi toko-toko di sekitarnya untuk beroperasi lebih lama.

“Aura negatif menjadi positif, dan itu memberikan dampak baik bagi UMKM, para pelaku ekonomi kreatif, hingga seniman yang tampil,” terangnya.

BACA JUGA: Spot Baru Dan Strategis, Masyarakat Berharap B-Safe Bisa Terus Diadakan

Ibnu juga menekankan, bahwa program tersebut masih dalam tahap uji coba selama satu bulan dan akan dievaluasi lebih lanjut. Ia berharap jika kegiatan itu terus berjalan, maka pemerintah kota bisa memfasilitasi lebih banyak tenant yang ingin berpartisipasi.

“Secara umum para tenant di sini ingin buka terus, tapi kita perlu mempertimbangkan aspek keamanannya. Yang paling baik adalah ketika pemerintah memfasilitasi, kemudian masyarakatnya tumbuh sendiri,” ujar Ibnu Sina.

Menurutnya, Pasar Sudimampir malam hari bisa menjadi destinasi baru bagi warga Banjarmasin yang mencari hiburan dan kuliner. “Ada yang datang berulang kali, ada juga yang baru. Ini menunjukkan bahwa tempat ini punya daya tarik tersendiri,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.