Taufik Nugraha Imbau Masyarakat Akan Peringatan Dini BMKG Tentang Cuaca Ekstrem

0

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika stasiun Meteorologi Beringin Muara Teweh, merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia. Berdasarkan rilis BMKG, di sejumlah wilayah akan akan terjadi suhu panas.

SALAH satu wilayah yang masuk dalam daftar peringatan dini BMKG adalah Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Pada tanggal 22 September 202, temperatur suhu udara pada siang hari mencapai 34,8° celcius, suhu yang sangat panas.

Terkait hal tersebut, anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Taufik Nugraha mengingatkan dan mengimbau agar warga masyarakat di daerah ini untuk mewaspadai peringatan dini dari BMKG Stasiun Meteorologi Beringin Muara Teweh.

BACA: Anggota DPRD Dukung Pemkab Bangun Komitmen Dalam P4GN-PN

Taufik Nugraha menyampaikan, agar warga masyarakat lebih berhati-hati dan tetap waspada. Pasalnya cuaca ekstrem di masa-masa cuaca seperti ini bisa menimbulkan bahaya kebakaran. Dan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam pembakaran sampah dan membuang puntung rokok yang menyala.

“Saya mengimbau kepada warga masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran. Dan tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan dan meninggalkan tempat pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala,” kata politisi PDI Perjuangan Barito Utara ini, Minggu (22/9/2024).

Dikatakannya, jika ingin membakar sesuatu di lahan pekarangan atau membakar sampah di lingkungan masyarakat, hendaknya melokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rembetan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut.

BACA JUGA: Pemkab Barito Utara Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir

Ufik, panggilan akrab Taufik Nugraha ini juga menegaskan, bahwa ketika cuaca ekstrem seperti kemarau dan banjir terjadi, agar tetap waspada agar dapat mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam situasi seperti ini, informasi dan upaya preventif adalah kunci untuk mengurangi risiko bencana yang mungkin terjadi akibat perubahan cuaca ekstrem. Peran serta aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mematuhi himbauan dari pihak terkait sangat diperlukan agar dapat mengantisipasi dan mengurangi dampak buruk dari perubahan cuaca,” kata dia.

Taufik Nugraha juga mengatakan, situasi perubahan cuaca yang terjadi ini membutuhkan kesadaran dan tindakan bersama dari seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan, kesehatan, dan lingkungan hidup.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.