Kepala SMPN 1 Muara Teweh Ajak Memerangi Peredaran Narkoba

0

BANGKITKAN kesadaran tentang dua masalah serius yang mengancam kesehatan dan keamanan para generasi muda di Barito Utara, Maslan selaku Kepala SMPN 1 Muara Teweh, menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi pencegahan penyalahgunaan nafza.

SOSIALISASI yang digelar di aula BappedaLitbang Muara Teweh tersebut, juga diikuti oleh siswa siswi SMPN 1 Muara Teweh, dan sejumlah undangan, termasuk Dinas Pendidikan Barito Utara, Selasa (24/9/2024).

“Pertama mengenai minuman keras dan kedua mengenai penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Kedua masalah ini bukanlah masalah yang dianggap remeh, masalah ini membutuhkan perhatian yang sangat serius dari kita semua,” kata Maslan.

BACA: SMP Negeri 1 Muara Teweh Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Nafza

Narkoba tidak hanya merusak kesehatan individu, tetapi juga merusak struktur sosial dan ekonomi masyarakat. “Kita harus bersama-sama memerangi peredaran narkoba di lingkungan kita dan memberikan perlindungan kepada generasi muda dari bahaya barang haram ini. Oleh karena itu sosialisasi ini sangatlah penting bagi para pelajar,” tegasnya.

“Di SMPN 1 Muara Teweh memiliki 817 peserta didik yang terbagi kedalam 26 rombel. Sedangkan yang hadir dalam kegiatan ini adalah 156 peserta. Artinya hanya 19 persen total dari jumlah peserta didik. Ini penting bagi kami sampaikan agar yang pertama kalian bersyukur karena bisa dibandingkan dengan kawan-kawan yang tidak ikut, kalian akan mendapatkan pengalaman dari penyampaian materi secara langsung dari ahlinya,” kata Maslan.

“Saya selaku Kepala SMPN 1 Muara Teweh berharap, agar kalian bisa menyampaikan garis-garis besar materi ini kepada teman-teman dan juga karena kalian adalah orang terpilih, kalian harus mampu menunjukan bahwa kalian akan menjadi garda terdepan untuk memerangi miras dan peredaran narkoba,” tegas Maslan.

BACA JUGA: Kapolres Barito Utara: Angka Narkoba di Kalteng Meningkat

Maslan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polres Barito Utara yang beberapa waktu lalu anak didiknya mendapat kesempatan untuk mewawancarai Kasat Narkoba. “Ini merupakan salah satu penyemangat untuk kami para pendidik, karena kami merasa mendapat dukungan untuk mendidik dan membimbing anak-anak agar menjadi lebih baik. Semoga keluarga besar Polres Barito Utara semakin jaya,” katanya.

Ketua panitia kegiatan, Riza Fahlefi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yaitu pencegahan dini penyalahgunaan miras dan nafza bagi peserta didik, menanamkan pemahaman dan prinsip hidup bebas dari miras dan narkoba bagi peserta didik dan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta didik terkait bahaya dari segi kesehatan dan konsekuensi hukum dari penyalahgunaan miras dan narkoba.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di aula BappedaLitbang dan diikuti sebanyak 156 peserta anak didik dari SMPN 1 Muara Teweh yang terdiri dari 6 orang perwakilan setiap kelas. Dan peserta dengan kategori dinilai rentan terhadap paparan perilaku menyimpang serta mampu mempengaruhi dan mengimbaskan materi kepada teman-teman lainnya,” kata dia.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.