Penjabat Bupati Barito Kuala Sebut Pilkada Wadah Demokrasi

0

KOMISI Pemilihan Umum Kabupaten Barito Kuala menggelar rapat pleno, dengan agenda pengundian nomor urut pasangan calon yang akan berkompetisi di Pilkada 2024, November mendatang.

MEMBUKA acara, Penjabat Bupati Barito Kuala, Dinansyah menyampaikan apresiasinya kepada KPU sebagai penyelenggara pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala Tahun 2024, di Halaman Kantor KPU Barito Kuala, pada Senin (23/9/2024).

“Kita patut berbangga dan berbahagia, karena semua pasangan calon (Paslon) yang ada adalah saudara, sahabat, dan putra-putra terbaik daerah ini,” ucap Dinansyah.

BACA: Penjabat Bupati Barito Kuala Tegaskan ASN Harus Netral Saat Pilkada

“Nomor berapa pun nantinya yang akan didapatkan, baik nomor 1, nomor 2 atau nomor 3, itu hanya merupakan sebuah angka. Tapi yang paling utama adalah bagaimana mensosialisasikan nomor urut tersebut, agar masyarakat bisa memilih paslon pilihannya sesuai dengan hati nuraninya,” sambungnya.

Dinansyah menambahkan, kontestasi pilkada adalah perjalanan politik yang harus dilalui bersama, sehingga jangan sampai ada pertentangan dan permusuhan didalam hati. “Siapapun yang terpilih menjadi kepala daerah Kabupaten Barito Kuala 5 tahun kedepan, semua masyarakat tanpa terkecuali wajib memberikan dukungan,” ujar Dinansyah.

Dinansyah juga menekankan, bahwa semuanya mempunyai tanggung jawab bersama untuk mengawal terselenggaranya pilkada secara langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil, aman, tertib dan bertanggung jawab sesuai tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan berpedoman pada adanya kepastian hukum, tertib dalam penyelenggaraan, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas.

BACA JUGA: Tahapan Pilkada Dimulai, Ketua KPU Barito Kuala Berharap Berjalan Dengan Damai

“Hal ini tentunya menjadi tugas kita dalam menyempurnakan kesuksesan jalannya pilkada yang demokratis dan transparan. Karena pilkada juga merupakan sarana kedaulatan rakyat dan masyarakat pun telah semakin kritis dan memahami keberadaan pemilihan kepada daerah sebagai wahana untuk mengubah harapan menjadi kehidupan berdemokrasi yang lebih baik,” bebernya.

Adapun dari hasil pengundian nomor urut paslon Pilkada Batola, yakni H Bahrul Ilmi dan Herman Susilo mendapat nomor urut 1. H Rahmadian Noor dan H Sumardji mendapat nomor urut 2, serta pasangan Mujiyat dan Fahrin Nizar mendapat nomor urut 3.

Tahapan selanjutnya dalam Pilkada Barito Kuala, sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 adalah masa kampanye, yang akan berlangsung mulai 25 September hingga 23 November 2024.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.