Mahasiswa Banjarmasin Deklarasi Damai Sukseskan Pilkada Serentak 2024

0

DALAM rangka menyongsong Pilkada Serentak 2024, elemen mahasiswa di Kalimantan Selatan menunjukkan kepedulian mereka terhadap masa depan demokrasi Indonesia.

TERBARU ada sekitar 50 mahasiswa, termasuk dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Antasari, menggelar deklarasi damai yang berlangsung di halaman Siring depan Kantor Pemko Banjarmasin, Jalan RE. Martadinata, Rabu (11/9/2024) lalu.

Deklarasi ini dipimpin oleh Rahman, selaku penanggung jawab kegiatan, yang bersama peserta membentangkan spanduk bertuliskan Kami Siap Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang Aman dan Kondusif di Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA : PWI Sosialisasikan Porwanas, Konsorsium Pers Banua Gelar Pernyataan Komitmen Pilkada Damai

Menurut Rahman, pesan ini bukan sekadar ungkapan, tetapi sebuah seruan kuat dari generasi muda untuk ikut berperan aktif dalam proses demokrasi yang damai. Acara ini digagas untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga suasana Pilkada yang aman dan kondusif.

“Pilkada Serentak 2024 merupakan momen penting dalam perjalanan demokrasi daerah dan bangsa. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mengambil peran aktif dalam menjaga stabilitas selama tahapan Pilkada. Kami ingin masyarakat tidak hanya menjadi pemilih, tetapi juga menjadi pemilih yang bijak, berperan dalam menjaga keamanan dan menghindari konflik,” ujarnya.

Deklarasi ini tidak hanya mengutamakan pesan moral, tetapi juga memberikan edukasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda, tentang pentingnya menjaga integritas dalam demokrasi. Masyarakat diingatkan agar tidak terjebak dalam praktik politik uang, kampanye hitam, hoaks, dan ujaran kebencian yang sering kali marak selama masa kampanye.

BACA JUGA : Ikuti Kongres ke XXI di Palembang, PMII Kalsel Dukung Pilkada Kalsel 2024 Aman dan Damai

Dengan tahapan Pilkada yang kini memasuki fase penelitian pasangan calon hingga 21 September 2024, sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2024, mahasiswa berharap agar proses seleksi dan kampanye dapat berjalan lancar dan sesuai aturan.

Menurut dia, keterlibatan aktif masyarakat dalam Pilkada sangat dibutuhkan untuk memastikan pemimpin yang terpilih merupakan representasi dari suara rakyat yang benar-benar memahami kebutuhan masyarakat.

Selain itu, sebut dia, deklarasi damai ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk tidak golput. Partisipasi aktif setiap warga negara dalam pemilihan sangat penting untuk memastikan hasil Pilkada yang legitimasi.

“Kami ingin mengajak masyarakat Kalimantan Selatan untuk bersama-sama menciptakan Pilkada yang aman, jujur, dan adil, serta menghindari segala bentuk provokasi yang bisa memicu konflik,” tambah Rahman.

BACA LAGI : Jelang Pilkada 2024, Paman Yani Ajak Masyarakat Wujudkan Pesta Demokrasi Damai

Pilkada Serentak 2024 bukan hanya sekadar agenda politik, tetapi juga sebuah kesempatan untuk memperkuat tatanan demokrasi di Indonesia. Dengan kegiatan deklarasi ini, mahasiswa berharap dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam menciptakan suasana Pilkada yang kondusif, penuh dengan semangat persatuan, dan menjaga keutuhan bangsa.

Deklarasi damai ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk menyampaikan pesan bahwa demokrasi adalah milik semua orang. Partisipasi yang bijak dan bertanggung jawab dari setiap elemen masyarakat akan menentukan masa depan daerah dan bangsa.

Mahasiswa UIN Antasari bersama rekan-rekan kampus lainnya menyatakan siap mengawal Pilkada dengan penuh integritas, serta mendukung terwujudnya Pilkada yang aman dan damai di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.