Unggulkan Program PAMDes, Perwakilan Kabupaten Tabalong Raih Juara 2 Lomba Desa Tingkat Provinsi

0

DESA Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong meraih juara kedua dalam lomba desa tingkat Kalimantan Selatan.

KEPALA Desa Maburai, Edy Rahmanto menyebut, pihaknya menjadi perwakilan Tabalong setelah melalui tahapan penilaian di tingkat kabupaten hingga bisa masuk ke tingkat provinsi.

“Alhamdulillah kami terpilih sebagai juara pertama, kemudian kami mewakili Tabalong di tingkat Kalsel dan terpilih sebagai juara kedua,” ungkap Edy Rahmanto, pada Rabu (11/9/2024).

BACA: Miliki Segudang Inovasi, Hikun Dan Maburai Wakili Tabalong Di Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi

Edy mengatakan, prestasi yang diraih ini pihaknya harus bersaing dengan 10 desa perwakilan kabupaten se-Kalsel yang lumayan sulit.

Dalam proses penilaian lomba desa tingkat provinsi masih sama, yakni mulai dari tahapan administrasi, tinjauan lapangan hingga presentasi.

“Sesuai tema terkait dengan belanja desa yang berkualitas dalam dua tahun berjalan untuk penggunaan dana desa,” katanya.

BACA JUGA: Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kalsel Sambangi Dua Desa di Tabalong

Dalam belanja desa yang berkualitas ini, Desa Maburai melakukan program Penyediaan Air Minum Desa (PAMDes) ke masyarakat.

Program pendistribusian bersih ini dimulai sejak 2019 dengan pembangunan embung yang disalurkan ke rumah masyarakat melalui pipanisasi. “Dan layanan ini mulai berjalan dari 2023,” jelas Edy.

Hingga saat ini cakupan distribusi air yang dikelola sudah hampir mencakup 500 kepala keluarga dengan produksi air sekitar 900 meter kubik selama sebulan. “Kalau omset selama sebulan sekitar Rp 10 juta sampai Rp 12 juta,” tutup Edy.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.